Apa itu cloud computing? (Pengertian, sejarah, manfaat dll)

img_5faa02ab11ca1-9463763

Cloud Computing
Hal-hal yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Cloud Computing mulai dari:

  • Apa itu cloud computing?
  • Pengertian Cloud Computing
  • Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing
  • Sejarah Cloud Computing
  • Manfaat Cloud Computing
  • Jenis Cloud Computing
  • DLL

Dan sebagainya dibahas secara lengkap dalam artikel kali ini.

Apa itu Cloud Computing?

Beberapa dari kamu mungkin sudah ada yang pernah mendengar mengenai istilah “cloud computing”. Cloud computing pada dasarnya adalah semacam jasa computing yang outputnya adalah tempat penyimpanan online, networking, dan processing. Istilah cloud computing memang masih sulit diringkas dengan kata-kata yang dapat langsung dimengerti oleh orang awam karena cloud computing sendiri biasanya digunakan oleh perusahaan.

Pengertian Cloud Computing Adalah

Sejarah Cloud Computing

Cloud computing sebenarnya sudah ada sejak awal tahun 2000an, tetapi konsep dari cloud computing sebagai sebuah jasa sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960an saat beberapa perusahaan komputer pada saat itu memberikan jasa rental penyimpanan data untuk perusahaan yang tidak bisa membeli tempat penyimpanan datanya sendiri. Seiring berjalannya waktu, penggunaan komputer oleh perusahaan semakin berkembang, dengan demikian harga dari tempat penyimpanan juga semakin mahal sehingga jasa cloud computing memiliki permintaan yang semakin banyak karena harganya yang murah dibandingkan perusahaan membeli penyimpanan sendiri. Dengan perkembangan software dan jasa lainya pada tahun 1990 akhir dan awal 2000, cloud computing semakin berkembang, hingga akhirnya mulai muncul perusahaan yang menyediakan cloud computing khusus seperti Amazon web services.
img_5faa02ab72181-7662852

Alasan disebut cloud computing adalah karena lokasi dari jasa cloud computing sendiri yang dapat diakses dimana saja dan tidak bergantung pada satu lokasi sehingga orang yang membutuhkannya dapat mengaksesnya dimana saja. Istilah awal mengapa disebut “cloud” adalah karena “cloud” disini mewakilkan banyaknya hal yang menjadi satu seperti awan yang terbentuk.

Cloud computing memiliki definisi yang luas dan tidak hanya terbatas sebagai tempat penyimpanan saja. Cloud computing bisa berupa jasa seperti Gmail yang disediakan oleh google atau back up data yang ada di smartphone yang kamu gunakan. Seperti. Google drive, dropbox dan lain-lain.Melalui  jasa-jasa ini perusahaan besar dapat menyimpan data dan menjalankannya melalui aplikasi yang didukung oleh penyedia data. Cloud computing juga sudah menjadi pilihan dasar untuk banyak aplikasi, berbagai peruahaan penyedia software sekarang mulai menggambarkan produknya bukan sebagai produk software, tetapi lebih ke penyedia jasa dengan model berlangganan atau subscription.
img_5faa02abaf937-7200100

Saat ini cloud computing adalah hal yang sangat penting bagi semua perusahaan dari kelas bawah hingga kelas atas. Lebih dari satu pertiga pengeluaran IT perusahaan dikeluarkan untuk keperluaan cloud computing. 451 peneliti telah memprediksi jika lebih dari 1/3 pengeluaran perusahaan akan terfokus pada cloud computing, yang menggambarkan seberapa tergantung peruashaan terhadap tempat penyimpanan eksternal, jasa computing seperti email, dan jasa keamanan yang disediakan oleh penyedia cloud computing. Bahkan diprediksi oleh penliti yang bernama Gartner, jika lebih dari setengah perusahaan di dunia akan menggunakan cloud computing untuk tempat penyimpanan data, email, dan lain-lain. Bahkan di tahun 2020 ini saja diprediksi total pengeluaran perusahaan di dunia untuk jasa cloud akan mencapai 260 miliar dollar, naek 41 miliar dolar dari tahun sebelumnya. Berikut ini grafik kenaikan pendapatan dari jasa cloud computing dari tahun 2016-2019 dan proyeksi di tahun 2020 dan 2022.

Jenis Cloud Computing

Sebenarnya cloud computing juga dapat dibagi lagi menjadi 3 jenis, yaitu jasa infrastruktur, server fisik dan virtual, dan tempat penyimpanan data. Jasa infrastuktur yang dimaksud disini adalah sebagai fondasi sistem yang dibangun di perusahaan, sehingga sangat menarik bagi perusahaan yang ingin membangun sistem dan aplikasinya dari awal & ingin mengendalikan semua hal yang ada di perusahaan. Tetapi meskipun tujuannya sangat menarik, perusahaan yang menggunakan cloud computing sebagai fondasi harus memiliki skill teknis yang kuat untuk mengatur semua jasa agar dapat berjalan secara bersamaan dengan efektif dan efisien.

Manfaat Cloud Computing

Terdapat berbagai macam keuntungan jika perusahaan menggunakan cloud computing. Keuntungan utamanya adalah perusahaan tidak perlu membeli atau merawat hardware yang ada sehingga perusahaan dapat menghemat banyak biaya. Perusahaan tidak perlu lagi membeli server, melakukan update kepada aplikasi dan sistem operasi, membuang hardware/software yang sudah usang, dan lain-lain karena semuanya sudah menjadi tanggung jawab dari supplier untuk memberikan jasa terabik, sehingga pada dasarnya perusahaan hanya perlu menggunakannya tanpa perlu khawatir akan hal-hal yang disebutkan sebelumnya.
img_5faa02ac1839e-2526814

Cloud juga memiliki 3 jenis penggunaannya, bisa digunakan secara publik, privat, dan hybrid. Penggunaan secara publik berarti semua jasa digunakan dan dioperasikan oleh penyedia jasa cloud pihak ketiga dan di sewakan ke perusahaan atau konsumen yang membutuhkan. Penggunaan secara privat berarti semua jasa digunakan oleh orang-orang atau individu tertentu, dan semua yang ada dalam cloud privat adalah tanggungjawab dari orang yang memilikinya. Contoh dari cloud privat yang paling banyak adalah iCloud yang dimiliki dan diorganisir oleh masing-masing orang. Dan yang terakhir, penggunaan secara hybrid adalah kombinasi antara penggunaan publik dan privat, dengan tujuan agar semua informasi dan pengaturan yang ada dalam satu cloud bisa diatur secara fleksibel,  mana yang mau dikelola secara pribadi atau bersamaan dengan pihak lain.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Cloud computing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri tergantung dari pihak yang menggunakannya. Untuk bisnis baru atau berskala kecil yang baru merintis bisnisnya, kami sangat menyarankan kalian untuk memanfaatkan cloud computing karena biaya yang akan kalian keluarkan akan jauh lebih hemat daripada menggunakan cara tradisional. Terutama karena penyedia jasa cloud sekarang sangat emndorong perusahaan-perusahaan kecil untuk menggunakan jasanya agar perusahaan kecil dapat terus berkembang tanpa harus khawatir dnegan biaya perawatan hardware atau membeli hardware itu sendiri, yang merupakan solusi masalah yang paling besar bagi perusahaan-perusahaan startup yaitu menyediakan semua asset yang dibutuhkan saat membangun perusahaan.

Cloud computing juga memiliki keuntungan karena server atau jasa yang ada dapat diupgrade, contohnya seperti google drive, jika kailan membutuhkan besar penyimpanan yang lebih, kalian hanya perlu meningkatkan biaya berlangganan terhadap google tanpa perlu melakukan upgrade  hardware secara fisik, yang membutuhkan biaya riset, pemasangan, perawatan dan lain-lain. Selain itu, cloud computing pun sangat fleksibel dimana jasa seperti google docs, memungkinkan 2 atau lebih pihak berkolaborasi dan bekerjasama secara langsung tanpa perlu bertemu secara fisik.

Disamping semua kelebihan tersebut, cloud computing juga memiliki kelemahan yang tidak dapat dihindari. Salah satu kelemahan terbesar adalah kurangnya bantuan dari penyedia jasa cloud jika kalian memiliki masalah. Contoh masalahnya seperti masalah akses atau error terhadap tempat penyimpanan online yang kalian miliki, kalian harus menunggu penyedia jasa cloud tersebut untuk memperbaikinya yang dapat menghambat bisnis yang perusahaan jalankan. Di era serba digital ini pun, tidak dapat dipungkiri masalah privasi adalah masalah yang tidak bisa dihindari. Meskipun hampir semua penyedia jasa cloud menjanjikan keamanan dan privasi sebagai prioritas utama, tidak ada yang dapat menjamin perusahaan-perusahaan tersebut tidak menyimpan dan menjual data yang kita miliki. Tetapi karena hal tersebut masih belum dapat diverifikasi dan belum ada banyak masalah yang sangat besar karena isu ini, kami rasa ini bukan ancaman yang begitu besar.

Itulah hal-hal yang harus kamu ketahui mengenai cloud computing! Semoga bisa menjawab pertanyaan kamu berkaitan apa itu cloud computing? Pengertian, Manfaat, kelebihan dan kekurangan serta hal-hal lainnya yang berkaitan secara langsung dengan komputasi awan.

Leave a Reply