2022 √ Cara Mengubah Background PPT Step Termudah

img_5faa02ac38ad6-5344742

Cara mengubah background PPT
Ini menunjukkan kepada kamu step termudah cara mengubah background PPT (Power Point). Tanpa ribet dan tutorialnya tidak berbelit. Kemudahan disini tentu akan menghemat waktu anda dalam proses pembuatan ataupun editing Power Point.

Selain dengan menggunakan templates atau theme pada powerpoint, kamu juga dapat mempercantikan presentasi yang kamu lakukan dengan cara mengubah background pada PowerPoint. Background yang baik dapat membuat presentasi yang kamu lakukan terlihat lebih unik dan lebih enak dipandang mata. Mengubah background PPT sangatlah mudah karena microsoft sudah menyediakan alat yang dapat membantu kamu mengatur background dari slide yang kamu tampilkan dengan warna bermacam-macam yang cerah, menampilkan berbagai pola berbeda, foto, dan lain-lain.

Pertama-tama kamu harus menampilkan terlebih dahulu slide yang ingin kamu ubah backgroundnya. Klik pada silde untuk mengubahnya dengan cara klik pada thumbnail slide pada bagian kiri layar. Jika kamu ingin mengubah background dari semua slide presentasi, terdapat cara lain. Disini kami memilih slide nomor 1.
img_5faa02ac54a04-7104876

Kemudian kamu dapat klik kanan pada thumbnail slide tersebut,nantinya akan muncul menu-menu baru, kliklah pada menu “format background’. Kemudian akan muncul menu baru yang berjudul  “format background”, dan klik pada “fill” nantinya akan dimunculkan menu-menu baru.

Untuk membuat background dengan 1 warna, kamu dapat memilih “solid fill”, kliklah pada tombol ‘color” untuk memilih warna yang ingin kamu gunakan sebagai background PowerPoint. Pilihlah warna yang sesuai dengan gayamu, dan gunakan warna yang berbeda dengan tulisan agar penonton tidak akan kesulitan membaca point-point penting dari presentasi.
img_5faa02ac6cd57-9497936

Kamu juga dapat mengganti warna background pada PowerPoint dengan menggunakan 2 warna atau lebih dengan warna yang memudar, yang biasa disebut seabgai gradient color. Pada panel yang berjudul “fill” pilihlah “gradient fill”, nantinya akan muncul berbagai menu baru dibawahnya.

img_5faa02ac83e67-7630360

Aturlah berbagai menu pengaturan yang ada sesuai dengan keinginanmu. Satu hal yang harus kamu perhatikan jika kamu tidak ingin pengaturan yang merepotkan adalah pengaturan “gradient stops”, pengaturan itu digunakan untuk mengatur tingkat gradasi warna yang kamu gunakan.

Kamu juga dapat mengubah background dengan gambar atau tekstur tertentu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah pada panel berjudul “fill” klik pada “picture or texture fill”, nantinya akan muncul menu-menu baru  untuk kamu mengatur gambar/tekstur yang ingin dimasukkan. Pengaturan yang perlu kamu perhatikan;

  • Jika kamu klik pada “file”, kamu akan diarahkan ke pencarian lokasi gambar yang ingin kamu masukan di PowerPoint.
    img_5faa02ac9c17f-9743845
  • Kamu dapat mengubah-ubah  menu “transparency” untuk  mengatur seberapa jelas gambar akan muncul.

Kamu juga dapat menggunakan berbagai macam pola untuk memperindah presentasi PowerPoint yang kamu tampilkan.  Perlu diingat cara ini hanya dapat dilakukan untuk kamu yang menggunakan PowerPoint versi 2013 keatas. Pertama-tama kamu harus memilih “patern fill” pada panel ‘fill”, nantinya akan ditampilkan daftar pola dari yang sederhana hingga kompleks. Ubah warna dari pola-pola yang ada dengan menu “foreground” dan “background’ yang ada dibawah gambar pola-pola tersebut.

img_5faa02acb37b2-5669906

Kemudian klik pada “apply to all” untuk menjalankan semua perubahan yang kamu inginkan pada background slide yang kamu gunakan. Klik pada “reset background’ jika kamu ingin membalikan background ke kondisi awal. Perlu diingat jika semua perubahan yang kamu lakukan saat ini akan diterapkan  pada semua slide yang ada pada PowerPoint,  jika kamu ingin menggunakannya hanya pada slide yang sedang digunakan, klik “close”.

Cara yang kami sebutkan sebelumnya dilakukan di Microsoft PowerPoint versi 2013 keatas. Karena versi 2013 kebawah memiliki interface yang berbeda, maka dari itu disini kami akan memberikan cara-cara untuk mengubah background PowerPoint versi 2013 kebawah, pada tips ini kami menggunakan PowerPoint 2010.

Pertama-tama kamu harus memilih slide yang ingin kamu ubah backgroundnya, kami sarankan kamu untuk membuat presentation baru agar proses mengubah background dapat dimulai dari awal. Klik pada tab “design” pada ribbon PowerPoint yang berada pada bagian atas, dan klik pada menu “background styles” seperti pada gambar dibawah.

img_5faa02acc8fd7-3646578

Nantinya akan muncul menu baru yang berisi galeri foto-foto jenis background yang dapat kamu coba beserta menu “format background” dan “reset slide background”, klik lah pada menu “format background” seperti pada gambar dibawah.

img_5faa02acda8ec-7161451

Akan muncul window baru yang berjudul “format background” yang berisi berbagai pilihan.
img_5faa02acf0ffb-4805722

Disini kami juga ingin memberikan penjelasan untuk setiap pilihan yang ada pada menu “format background“:

  • A => Solid fill: berguna untuk menambah satu warna ke slide yang kamu gunakan, kamu dapat menggunakan berbagai warna yang ada sesuai pilihan warna.
  • B => Gradient fill: berguna untuk memberikan warna gradasi yang memudar untuk setiap background slide. Warna yang ada dikombinasikan antara 2 warna atau lebih, sangat cocok untuk kamu yang ingin background yang sederhana tetapi menarik.
  • C => Picture or texture fill: berguna untuk mau menambahkan foto/tekstur tertentu pada background PowerPoint.
  • D => Patern fill: berguna untuk menbamah pola gambar tertentu pada PowerPoint, disitu terdapat 48 jenis pola yang dapat kamu pilih.
  • E => Hide background graphics; berguna untuk menyembunyikan background yang sudah kamu terapkan. Biasanya menu ini digunakan orang saat file PowerPoint ingin di print agar orang yang mendapat hard copy dapat terfokus pada isi PowerPoint. Disini kami menampilkan perbandingan antara pilihan “hide background graphics’ yang dicentang dan tidak dicentang agar kamu dapat melihat perbedaannya secara langsung.
    img_5faa02ad19446-5237788
  • F => Jika kamu ingin mengubah perubahan background ke pengaturan awal, kamu dapat klik pada menu “reset slide background” yang dapat kamu temukan dengan klik pada “background styles” pada ribbon “design”. Nantinya semua pengaturan yang kamu lakukan akan kembali ke awal.

img_5faa02ad2cd8d-2901475

Kamu juga dapat klik “reset background” pada tombol yang ada seperti yang ditampilkan di huruf “G”

  • G => Close: berguna untuk menerapkan perubahan sesuai dengan yang kamu inginkan, klik tombol ini untuk menerapkan perubahan pada slide aktif atau slide yang sudah terpilih.
  • H => Apply to all: berguna untuk menerapkan semua perubahan pada semua slide yang ada.

Gunakan semua opsi yang ada sesuai dengan background yang kamu inginkan, pada tahap ini kami tidak memberikan pemberitahuan yang lebih dalam mengenai tiap pengaturan background agar kalian dapat explore sendiri bagaimana background yang kalian inginkan. Tetapi, kalian harus tetap memperhatikan hal ini:

  1. Jika kamu menggunakan background dengan 1 warna atau warna gradasi, pastikan agar semua huruf yang ada pada slide tidak bertabrakan warnanya dengan warna background yang ada
  2. Pada pengaturan yang berjudul ‘transparency”, aturlah agar gambar background dapat tidak terlalu menonjol. Seperti namanya, background adalah latar belakang dari presentasi sehingga kamu harus tetap berfokus pada isi konten yang ada pada slide presentasi.
  3. Jika kamu menggunakakn gambar, gunakanlah gambar yang sederhana dan pastikan agar semua point yang ada dapat terbaca dengan mudah oleh penonton.

Baca juga: Cara Membuat Power Point Bergerak

Itulah cara mengubah background PPT – PowerPoint dengan mudah dan tak perlu ribet dengan tutorial yang hanya berputar-putar kalimatnya tanpa ujung. Demikian yang kami sampaikan dalam artikel blog DemiNasi.COM hari ini.

Leave a Reply