Pengertian, Komponen, Kelebihan & Kekurangan WLAN

img_5faa02a854c20-3015920

img_5faa02a854c20-3015920
Semua Hal yang Harus Kamu Ketahui Mengenai WLAN terutama di khususkan pada pengertian WLAN, Apa itu WLAN? Fungsi dan komponen penyusunnya, serta apa-apa saja kelebihan dan kekurangan dari WLAN. Cakupan itu akan dibahas secara rinci didalam artikel ini.

Pengertian => Apa Itu WLAN?

WLAN mungkin adalah salah satu istilah komputer yang dapat ditemukan di perangkat WIFI yang kamu gunakan, tetapi kamu tidak begitu mengerti apa itu WLAN dan apa fungsinya. Wireless local area network adalah kepanjangan dari WLAN, yang menjadi alat/media transmisi data. WLAN juga memiliki nama lain yaitu jaringan wireless dan jaringan nirkabel. Lihat pengertian WLAN dibawah ini:

img_5faa02a87ec2d-6436833

WLAN dapat ditemukan di beberapa perangkat seperti smartphone dan komputer/laptop.

Komponen dari WLAN

Biasanya seperti:

  • Bagi laptop atau smartphone biasanya terdapat perangkat akses untuk penggunanya, yang sudah terpasang pada port PCMCIA. Tetapi untuk komputer dekstop biasanya membutuhkan adapter khusus bernama wireless adapter yang disambungakn melalui PCI Card atau USB. Maka dari itu salah satu komponennya adalah mobile/dekstop pc.
  • Terdapat komponen yang menjadi perangkat penghubung utama dari pengguna ke penyedia internet (Internet service provider) yaitu Access point. Komponen ini bertugas untuk mengubah sinyal frekuensi radio (RF) menjadi sinyal digital yang nantinya disalurkan dengan kabel. Sinyal digital ini pun bisa disalurkan ke perangkat WLAN lainnya, sehingga snyal digital tersebut dikonversikan lagi ke sinyal radio yang kemudian disalurkan ke perangkat WLAN lainnya.
  • Terdapat juga peralatan yang wajib dipasangkan di PC atau laptop, yaitu WLAN Interface. WLAN interface ini adalah salah satu komponen penting utama yang dikembangkan secara massal dalam bentuk personal computer memory card internal association card (PCMCIA), dan PCI card yang dapat disambungkan lewat port USB.
  • Terdapat juga komponen yang tidak wajib tapi lumayan banyak dipakai oleh para pengguna yaitu antena eksternal. Anterna eksternal biasanya dirakit sendiri oleh pengguna agar sinyal atau daya pancar yang ada lebih kuat.

img_5faa02a8a5ab8-3816211

Fungsi dan Penggunaan WLAN

LAN nirkabel (WLAN) banyak diaplikasikan di dunia nyata diantaranya:

  • Dalam Dunia Kesehatan

Dokter dan perawat yang dilengkapi dengan laptop, Smartphone atau PDA memiliki akses lebih cepat ke data pasien. Selain itu, dalam situasi darurat mereka dapat berkomunikasi dengan departemen lain di rumah sakit dengan menggunakan WLAN untuk menyediakan diagnostik cepat. Ini adalah area di mana WLAN sudah relatif banyak digunakan. Seperti pada sebagian besar kasus, WLAN digunakan untuk meningkatkan jaringan kabel yang sudah ada.

  • Dalam Dunia Bisnis

Dalam bisnis, orang dapat bekerja secara produktif dengan pelanggan atau pemasok di ruang rapat – tidak perlu meninggalkan ruangan untuk memeriksa apakah email penting telah tiba atau mencetak file besar. Sebagai gantinya, Anda dapat mengirimnya dari satu laptop ke laptop lainnya. Eksekutif senior misalnya, dalam rapat dapat membuat keputusan lebih cepat karena mereka memiliki akses ke informasi secara real-time.

Kelebihan WLAN

WLAN juga memiliki berbagai kelebihan yang membedakannya dengan LAN, seperti:

  • Instalasi WLAN bisa dibilang sangatlah mudah dan cepat,, karena hanya perlu mencolokkan beberapa kabel ke port yang ada dalam komputer, tidak perlu memasang dan mengatur kabel di atap atau dinding yang mengganggu pemandangan dan memakan tempat.
  • Fleksibilitas yang tinggi, sehingga memungkinkan kamu untuk membuat jaringan komputer yang mungkin sulit atau  memang tidak memungkinkan untuk dijangkau oleh kabel.
  • Biaya jangka panjang yang murah, karena meskipun biaya instalasi & pembelian hardware yang dibutuhkan mungkin terbilang cukup mahal, setidaknya lebih mahal dari LAN, tetapi  dalam janga waktu panjang kamu hanya perlu mengeluarkan uang yang tidak banyak untuik memasang dan merawat jaringan WLAN, sehingga jika dihitung secara total biaya memiliki WLAN akan lebih murah dalam jangkka panjang jika dibandingkan dengan LAN.
  • Memungkinkan pemakai jaringan WLAN untuk akses informasi selama pemakai jaringan tersebut masih berada didalam jangkauan WLAN, sehingga pemakai tidak harus diam di satu tempat. Point ini adalah salah satu kelebihan utama dari WLAN, karena biasanya pemakaian jaringan seringkali merasa bosan dan jenuh jika berada di satu tempat yang membuat kinerja mereka tidak produkktif.
  • WLAN juga dapat diatur jaringannya sesuai dengan kebutuhan komputer.

Kelemahan WLAN

Tetapi WLAN juga memiliki kelemahannya sendiri disamping berbagai macam kelebihannya, seperti:

  • Tingkat keamanan dari data pemakain jarinngan WLAN kurang terjamin, hal ini karena minimnya perlindungan dan keamanan dari perangkat WLAN sendiri, karena pada dasarnya WLAN hanya bertugas sebagai media pemancar sinyal saja.
  • Bagi kamu yang memiliki budget terbatas, mungkin biaya awal untuk membeli peralatan WLAN akan cukup memberatkan karena rata-rata biaya peralatannya mahal. Jika kamu ingin biaya yang lebih murah, kamu harus mempertimbangkan untuk membeli perangkat WLAN bekas. Tetapi perlu diingat, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika kamu berencana untuk memakai WLAN dalam jangka panjang, biaya pemasangan dan penggunaan WLAN selama masih dipakai akan jauh terasa lebih murah, sehingga biaya bisa dibilang hanya besar di awal.
  • Sinyal yang dipancarkan dapat terganggu jika meghadapi media atau halangan lainnya seperti dinding, beton dan lain-lain. Hal ini dapat menyebabkan sinyal yang terpancar menjadi lemah,  khususnya setelah melewati media-media hambatan tersebut.
  • WLAN juga memiliki batasan jaringan tertentu yang membuat para penggunanya harus berada di satu jangkauan jaringan jika ingin memanfaatkan jaringan. Jangkauan jaringan ini sayangnya tidak bisa diperlebar hingga sekarang, kecuali kamu mengganti perangkat WLAN yang kamu gunakan.

Hampir semua WLAN modern dibuat berdasasrkan standar IEEE 802.11 dan dijual dengan menggunakan merek Wi-Fi. Saat masih belum banyak dipakai, WLAN biasanya hanya digunakan di area-area tertentu seperti pada kampus, sekolah, mall, dan tempat publik lainnya. Hal ini karena pada jaman dahulu, pemasangan WLAN bisa dibilang memakan biaya yang sangat mahal, sehingga bisa dibilang pada waktu sebelumny WLAN adalah salah satu perangkat istimewa yang bisa dipakai di daerah tertentu saja.

Tetapi karena kemajuan teknologi hingga saat ini, biaya peralatan WLAN menjadi lebih murah, sehingga internet service provder juga sekarang sudah mulai memberikan jasa penyewaan peralatan WLAN dengan jasa internet yang dibuat dalam paket bundle dengan harga yang murah. Hal ini menyebabkan penggunaan WLAN menjadi seperti hal wajib, khususnya di era serba internet seperti sekarang, sehingga hampir semua rumah sekarang sudah memiliki perangkat WLAN.

 

Roaming WLAN

Dalam WLAN juga ada istilah yang “roaming”, yang artinya adalah pergantian dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Dalam WLAN, roaming juga bisa dibagi dalam 2 jenis dengan fungsinnya sendiri:

  1. Internal roaming: jika sinyal yang ada terlalu. Lemah, maka “mobile station” akan berpindah dari satu.titik (Access point) ke titik lainnya yang berada dalam satu jaringan. Hal ini bertujuan agar jaringan yang dipancarkan oleh WLAN akan tetap kuat sepanjang waktu, meskipun ada hambatan. Tetapi perpindahan jaringan internal ini seringkali mengganggu atau menginterupsi aliran data antara “mobile station” dengan aplikasi yang terhubung dengan jaringan. Contohnya mobile station pada dasarnya akan selalu stand by mencari alternatif titik yang bisa digunakan yang dapat memberikan koneksi yang lebih baik, waktu saat mobile station  mencari titik alternatif hingga berpindah ke titik lainnya, para pemakai akann kehilangan sinyal jaringan yang sedang dipakai. Hal inilah yang menyebabkan terkadang para pemakai jaringan mengalami kegagalan jaringan saat sedang menggunakan internet. Untuk mengatasi hal ini, mobile station harus menggunakan software yang dapat mempertahankan kesatbilan jaringan saat mobile station sedang mencari dan beprindah dari satu titik ke titik lainnya.
  2. External roaming:  jika pengguna jaringan beprindah ke WLAN lainnya dengan internet service provider yang berbeda dan menafaatkan jaringan tersebut.

 

Perbedaan WLAN dan Wi-Fi

 

Banyak orang juga yang masih bingung apakah WLAN dan Wi-fi adalah istilah dengan arti yang sama? Sebenarnya keduanya berhubungan tetapi memiliki arti yang berbeda, WLAN adalah jaringan nirkabel secara lokal, berarti WLAN itu adalah jaringannya sedangkan WI-Fi adalah alat penerima dan pemancar konektivitas lokal (Wi-fi bertugas sebagai perangkatnya).

Itulah hal-hal yang harus kamu ketahui mengenai WLAN, terutama hal yang berkaitan dengan apa itu WLAN? Pengertian secara umum, Fungsi, Komponen, Kelebihan + Kekurangan dari WLAN itu sendiri. Semoga berfaedah ya.

Leave a Reply