Cara Memperkecil Ukuran File PDF Dengan Adobe Reader dan Lainnya

img_5faa030392fd3-4716390

Cara Memperkecil Size PDF File Via Ms. Word

Dari dua cara diatas, mungkin ada sebagian dari pembaca DemiNasi.COM yang masih belum puas dan masih ingin mencoba teknik lainnya dalam me-reduce pdf. Memakai Adobe Reader memang terasa lebih mudah karena stepnya hanya beberapa langkah saja, namun terkadang tidak semua orang memiliki software tersebut. Memang tersedia versi trialnya selama 7 hari, namun apakah anda ingin mencoba hal itu? Sedangkan untuk memakai versi penuhnya anda harus merogoh kantong lebih dari 2 jutaan dalam setahun.

Nah mari tinggalkan sejenak perangkat lunak Adobe, kita beranjak pada aplikasi office besutan Microsoft yang satu ini. Ya, anda tidak salah. Kali ini kita akan memakai Microsoft Word sebagai alat untuk mengecilkan file pdf. Mungkin masih jarang yang memakainya, namun percayalah, aplikasi pengolah kata ini ternyata cukup efektif dalam memperkecil ukuran file pdf. Cara ini bisa dipakai pada banyak versi Microsoft word, mulai dari, 2013, 2016 maupun versi anyar terbaru saat ini. Simak caranya.

Langkah-Langkah:

  1. Langkah awal, open file pdf yang mau di reduce.
  2. Kemudian Open Microsoft wordnya.
  3. Copy semua data yang ada di pdf tadi dan paste ke Ms.Word.
  4. Lanjut, pada Ms word, klik bilah File dan kemudian Save As.
  5. Pada tampilan berikutnya pilih jenis ekstensi PDF
  6. Untuk langkah berikutnya silahkan lihat screenshot ini.
    img_5faa0307cd33a-4785865

Kelemahan:
Terkadang beberapa format penulisan yang ada pada file pdf menjadi berubah ketika dipaste ke word, dan ini tentu saja membuat anda harus sedikit meluangkan waktu lagi untuk melakukan edit pada bagian-bagian tertentu yang berubah tadi. Adakalanya perubahan itu terjadi pada susunan huruf yang awalnya di posisi justify menjadi align text left.

Namun terlepas dari sedikit kelemahannya itu, Ms. word masih ampuh untuk mengecilkan size pdf terutama saat anda tidak memiliki Adobe Acrobat Pro dan juga ketika anda tidak sedang terkoneksi ke internet.

Leave a Reply