2022√ Cara Upload & Menghapus File & Foto di Google Drive

img_5faa02a5996a2-6762865

img_5faa02a5996a2-6762865

Cara Upload foto di Google Drive, cara upload file ke Google Drive dan cara paling mudah Menghapus File yang ada di Google Drive sudah selesai kami susun artikelnya. Untuk anda yang memang membutuhkan step ini, silahkan langsung disimak langkahnya dibawah ini.

Google drive adalah salah satu tempat penyimpanan data yang paling banyak dipakai oleh para pengguna internet. Tidak saja karena user interface-nya yang mudah dipelajari dan dipakai, google juga memberikan fasilitas bagi para pengguna drive, yaitu kapasitas 15GB untuk tiap pengguna yang mendaftar. Selain itu, google drive pun gratis untuk dipakai yang menjadi nilai plus google drive dibandingkan dengan tempat penyimpanan file lainnya.

Tetapi tidak semua orang tahu semua hal mengenai cara menggunakan google drive, khususnya cara upload foto atau file lainnya di google drive. Kebanyakan orang hanya menggunakan google drive sebagai tempat untuk mengunduh berbagai file dan tidak pernah upload file. Karena itu pada kesempatan ini, kami akan memberikan tips bagaimana cara upload file berupa dokumen atau foto di google drive dan bagaimana cara menghapus file di google drive.

Cara upload foto dan berbagai jenis file lainnya di google drive

Perlu kamu ketahui google drive mendukung berabagi jenis file untuk di upload ke drive yang kamu miliki mulai dari dokumen, spreadsheets, presentasi, dan gambar. Hampir semua format file didukung oleh google drive mulai dari HTML, CSV, XLS, PDF, dan lain-lain. Tetapi ada beberapa jenis file yang tidak didukung oleh google drive, contohnya file berformat .notebook.

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah pergi ke website google drive jika kamu menggunakan komputer atau google drive, kemudian sign in dengan akun yang kamu miliki. (Website google drive: https://drive.google.com)
  2. Cara untuk upload file yang ada di google drive pun tidak terpaku pada satu cara saja. Jika kamu menggunakan komputer/laptop terdapat berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk mengupload file di google drive. Cara yang paling mudah untuk kamu lakukan adalah metode drag and drop, yaitu import file  dari satu aplikasi/folder ke google drive secara langsung. Kamu harus mempersiapkan terlebih dahulu file yang ingin kamu upload dalam windows explorer, misalnya dalam cara ini kami menggunakan file microsoft excel (file disini dapat juga berupa foto). Kemudian klik kiri yang lama pada file yang ingin kamu upload tersebut dan drag file tersebut ke browser yang kamu gunakan dan arahkan ke tab yang berisi akun drive yang kamu miliki. Kira-kira begini ilustrasinya:
    img_5faa02a61f08c-7954771

    Teknis melakukan drag n drop: Klik sekali kemudian tahan dan tekan file yang mau diupload, seret ke akun google drive dan lepaskan ke area seperti gambar diatas

  3. Kami sarankan agar kamu dapat melakukan drag and drop dengan mudah, perkecilah window dari browser yang kamu gunakan. Setelah kamu mengarahkan file tersebut ke dalam google drive, lepaskan mouse maka secara otomatis file (pada cara ini microsoft excel) akan diupload secara otomatis. Akan muncul window kecil disebelah ujung kanan bawah yang mengatakan progress dari file yang sedang diupload. Jika file sudah selesai diupload maka akan ada window yang berisi pesan “_ upload(s) complete” dan file dapat langsung terlihat di google drive yang kamu gunakan.
    img_5faa02a681664-5817032

Setelah kamu mengupload file tersebut ke dalam google drive, kamu dapat langsung membuka file tersebut di dalam drive. Contohnya disini kami menggunakan format .xls yang merupakan format excel, kamu dapat klik dua kali pada file tersebut, nantinya file dapat langsung terbuka jika google mendukung format file tersebut untuk langsung dibuka di drive. Kamu dapat melihat file foto, dokumen, excel, ppt dan lain-lain secara langsung di drive. Jika kamu ingin mengedit file tersebut, kamu dapat klik pada panah seperti gambar dibawah.
img_5faa02a6bcc10-3503304

Kamu dapat mengedit file di google sheets jika file berbentuk excel, google docs jika file berbentuk dokumen, google slides untuk file ppt, dan untuk format lain, google juga mendukung membuka file di aplikasi pihak ketiga.

Kamu juga dapat mengupload secara langsung ke google drive tanpa drag and drop.

  • Saat kamu sudah masuk ke akun google drive, klik pada “my drive”, nantinya muncul menu-menu baru, pilihlah antara “upload files” dan “Upload folder” sesuai dengan file/folder yang ingin kamu upload.
    img_5faa02a6e9b3f-6943881
  • Pada langkah ini kami memilih untuk mengupload files, nantinya akan muncul sebuah window baru berjudul “open”. Carilah file yang ingin kamu upload, klik pada file tersebut dan pilih open.
    img_5faa02a726543-1014130
  • Nantinya akan muncul window baru yang menunjukan progress dari file yang sedang kamu upload.

Cara Upload File yang Formatnya tidak Didukung

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, google drive meskipun mendukung banyak format, tetapi masih ada format file yang tidak didukung. Jika file tersebut tidak didukung, maka file tersebut tidak dapat dikonversi ke google docs, sheets, dan lain-lain. Selain itu file tersebut tidak dapat langsung dilihat di google drive. Tetapi file tersebut meskipun tidak didukung, masih dapat diupload di gogole drive pada format aslinya, pada contoh ini kami menggunakan file .epub. Gunakan cara sebelumnya (cara upload file secara langsung/drag and drop). Nantinya setelah proses upload selesai, file akan tampil dengan semacam icon di google drive, dan akan ada saran file-file yang dapat membukanya.
img_5faa02a753c90-9569681

Pilihan download adalah fitur yang diberikan google, agar orang yang membuka file tersebut dapat mengunduhnya secara langsung ke penyimpanan komputer/laptop/gadget yang digunakan.

Cara Upload Folder di Google Drive

  1. Untuk melakukan upload folder di google drive pun sebenarnya caranya sama dengan cara upload file yang dijelaskan sebelumnya. Kamu dapat melaukan cara drag and drop, yaitu dengan melakukan klik yang lama pada folder yang ingin diupload dan drag pada google drive.
    img_5faa02a77a584-3986199
  2. Kamu juga dapat mengupload secara langsung ke dalam google drive dengan cara klik “new” dan pilih “folder upload”.
    img_5faa02a79d5a7-2893220
  3. Nanti akan muncul window baru, carilah folder yang ingin diupload dan klik “select folder”. Tunggulah sampai proses upload selesai maka folder baru akan muncul di akun drive.
    img_5faa02a7be4b9-1362094

Cara Menghapus File di Google Drive

  • Untuk menghapus file di google drive pun sangatlah mudah dan tidak rumit. Kamu hanya perlu masuk ke akun google drive tempat dimana file/folder yang ingin dihapus berada.
  • Kemudian klik pada file/folder tersebut, dibagian atas dibawah kolom pencarian terdapat beberapa icon, pilihlah icon yang berbentuk seperti tempat sampah. Nantinya file/folder langsung terhapus dan tidak akan ada di akun google drive.
    img_5faa02a7d81c0-5533696

Cara Mengembalikan File/Foto yang Terhapus di Google Drive

Jika kamu ingin mengembalikan file/folder yang sudah dihapus, kamu dapat pergi ke menu yang berada di sebelah kiri bernama “trash” atau “sampah”. Disitu terdapat daftar file/folder yang sudah kamu hapus di akun google drive, pada file/folder yang ingin kamu kembalikan, disebelah kanan namanya ada titik 3, klik lah pada titik tersebut.
img_5faa02a7f38b4-6032859
img_5faa02a81febb-4392260

Nantinya akan muncul sebuah pesan, pilihlah “pulihkan” untuk mengembalikan file/folder tersebut. Nantinya file/folder tersebut akan dipulihkan ke posisi akhir saat file/folder tersebut dihapus. Jika kamu bingung kamu dapat memanfaatkan fitur kolom pencarian di google drive dengan memasukan nama file/folder di kolom pencarian tersebut.

Baca juga: 2020 Update √ Cara Mengatasi Google Drive Limit (Berhasil)

Itulah cara upload dan menghapus file entah itu berupa dokumen ataupun foto di google drive. Tidak terlalu sulit untuk diterapkan.

Leave a Reply