2022 √ Cara Membuat PowerPoint Bergerak dgn Mudah

img_5faa02d9744d0-3785744

Power Point Bergerak
Kami telah merangkum tutorial mudah tentang cara membuat power point bergerak dengan gaya simpel dan juga elegan. Terlihat memang bukan sesuatu yang sulit untuk diterapkan dan anda tentunya bisa mencoba hal ini seperti yang telah kami catatkan runtutannya dibawah ini.

PowerPoint Membuat Presentasi Jadi Menarik

Sebagian besar dari kamu pasti sudah pernah memakai aplikasi dari microsoft bernama PowerPoint, yang sangat berguna untuk menampilkan hal-hal penting yang ingin kamu sampaikan dengan jelas dan menarik. Apikasi ini memiliki banyak fitur dan sudah sangat banyak dikembangkan oleh banyak pengguna. Tujuan dari penggunaan aplikasi ini adalah menampilkan point-point yang dianggap penting dan memberi informasi kepada yang dipresentasikan, tetapi jika kamu hanya menggunakan tampilan yang sederhana dan seadanya sering kali PowerPoint yang dibuat malah terkesan membosankan.

power-point-7744266

Untuk memperindah PowerPoint, kamu dapat menggunakan template yang disediakan oleh microsoft. Tetapi karena template ini disediakan di semua aplikasi, orang-orang akan merasa familiar dan tidak akan tertarik karena template akan dianggap membosankan. Solusi untuk mendapat penampilan presentasi yang bagus adalah dengan mengunduh template dari pihak ketiga yang banyak disediakan, seperti melalui Canva.com. Website ini menyediakan banyak template untuk PowerPoint yang dapat kamu coba, jika kamu tidak menggunakan versi berbayar kamu harus mengunduh template ini dalam bentuk gambar seperti PNG yang nantinya dapat di masukan ke PowerPoint.

Baca juga: Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen

Tetapi selain dari sisi memperindah presentasi, kamu dapat lebih menarik perhatian dari penonton melalui animasi atau gambar yang bergerak. Para penonton akan lebih terfokus dan tertarik jika melihat objek yang bergerak di presentasi yang kamu lakukan. PowerPoint sudah menyediakan fitur untuk hal ini, sehingga kamu tidak perlu menggunakan aplikasi terpisah. Penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah sehingga siapapun dapat menggunakannya. Terdapat 2 jenis animasi pada PowerPoint:

  1. Animasi objek, yaitu satu objek bergerak dengan rutenya tersendiri, seperti kata-kata atau betuk yang bergerak secara vertikal.
  2. Animasi transisi, yaitu animasi transisi dari satu slide ke slide lain agar perpindahannya dapat lebih mulus.

Sebelum kami memberikan tips cara untuk membuat PowerPoint bergerak, kami ingin menyarankan kepada kamu agar tidak terlalu berlebihan menggunakan animasi pada presentasi yang kamu lakukan. Peran animasi disini adalah untuk melengkapi hal yang kamu presentasikan dan menarik perhatian penonton terhadap hal penting. Ingatlah, hal yang harus kamu fokuskan adalah konten yang ingin kamu presentasikan dan bukan animasinya, tips dari kami mengenai penggunaan animasi:

  • Batasi penggunaan animasi maksimal 2 animasi untuk setiap slide agar kamu tidak mengalihkan perhatian penonton.
  • Gunakan animasi pada point penting saja, agar penonton dapat menarik fokusnya pada hal terpenting.
  • Gunakan animasi yang sederhana seperti “fade” atau “dissolve” agar tidak membingungkan penonton.

Berikut adalah cara membuat PowerPoint Bergerak

Membuat animasi objek

Kamu dapat menggunakan animasi objek untuk menampilkan point penting atau menarik perhatian penonton pada titik tertentu di slide PowerPoint. Contoh animasi objek yang bergerak seperti ini

Untuk memulai membuat animasi objek, pertama-tama kamu harus klik pada elemen tertentu yang ada di slide. Elemen yang dapat kamu pilih seperti text box, gambar, atau bentuk-bentuk tertentu yang kamu gambar di slide PowerPoint. Kemudian klik pada tab “animations” di bagian atas, disitu terdapat berbagai pilihan jenis animasi yang dapat kamu pilih.

img_5faa02da6ee1e-9060535

Pastikan elemen objek sudah terpilih baru kamu dapat memilih salah satu animasi. PowerPoint akan memberikan contoh tampilan dari animasi yang kamu pilih.

img_5faa02dad380e-7197955

Pada gambar diatas, kami memilih textbox “welcome to the presentation” dan memilih animasi fly in.

Menggunakan beberapa animasi di satu slide PowerPoint

Sebelum kamu menggunakan beberapa animasi pada 1 slide, kamu harus menentukan urutan objek dan animasi yang ingin kamu gunakan, pertama-tama kamu dapat klik pada tab animation dan cari tombol yang bernama “animation pane” . “Animation pane” berisi semua animasi yang ada di 1 slide tertentu.

img_5faa02db4021c-2512286

Seperti yang kamu lihat di gambar diatas, setelah kamu klik pada “animation pane” akan muncul page baru di sebelah kanan yang berisi daftar animasi yang akan dimainkan di slide tersebut. Pada gambar diatas terdapat 2 animasi di slide tersebut. Dari judul tiap animation pane kamu dapat mengetahui jika animasi yang kami gunakan adalah animasi objek. Untuk mengganti urutan animasi, kamu dapat melakukan drag dan meletakannya di urutan yang kamu inginkan. Terdapat tombol play all untuk menampilkan urutan dan jenis animasi yang kamu gunakan.

Membuat animasi transisi slide

Animasi yang kedua adalah animasi transisi yaitu efek atau animasi yang muncul saat kamu berpindah dari satu slide ke slide lainnya. Untuk membuat animasi transisi, pertama-tama kamu harus memilih slide yang kamu inginkan, kemudian pada tab PowerPoint terdapat tab yang bernama “transition” disitu dapat dipiilh animasi yang kamu inginkan. Kamu dapat memilih salah satu annimasi padaslide yang kamu pilih,, kemudian klik play untuk melihat efek transisi dari yang kamu pilih.

img_5faa02dbd6be3-7209414

Pada gambar diatas kami sudah menggunakan animasi pada slide, untuk mengeceknya dapat dilihat di sebelah gambar slide kami terdapat logo bintang.

3 Hal Penting Dalam Animasi PPT

Terdapat juga 3 hal penting juga yang dapat diatur di animasi transisi yaitu:

  1. Sound – seperti namanya, pengaturan ini berguna untuk mengatur besar suara yang dimainkan saat slide ditampilkan.
  2. Duration – lama waktu animasi yang sudah kamu terapkan bergerak, kamu dapat menetapkan durasi yang lebih panjang jika ingin animasi bergerak lebih lambat atau memperpendek durasi jika transisi ingin bergerak dengan cepat.
  3. Advance slide – pengaturan ini dapat sangat berguna untuk kamu yang malas untuk berpindah dari satu slide ke slide lainnya dengan menggunakan tombol di PowerPoint atau alat lainnya. Dengan pengaturan ini, kamu dapat mengubah slide kamu secara otomatis sesuai dengan pengaturan waktu yang kamu tetapkan.

Penggunaan animasi transisi dan animasi objek ini harus seimbang, jika bisa gunakanlah animasi yang ada untuk tiap slide berbeda, dan gunakan efek yang sederhana agar dapat tetap fokus ke titik utama presentasinya. Seringkali orang yang menggunakan PowerPoint yang berlebihan justru malah membuat bingung para penonton karena mereka tidak tahu harus berfokus kemana pada slide presentasi.

Kamu juga dapat membuat animasi objek bergerak yang profesional dengan menggunakan tema dari PowerPoint, salah satunya adalah i9 template system yang berisi kumpulan tema dari PowerPoint yang dapat kamu gunakan untukmembuat presentasi PowerPoint animasi bergerak secara profesional. Para pembuat tema ini sudah cukup profesional, sehingga semua orang dapat menggunakannya. Contoh dari tema animasi yang digunakan di i9 template system:

img-0599-9796707

Cara menggunakan tema yang ada juga tidak sesulit yang kamu bayangkan, karena pada dasarnya kamu hanya perlu mengubah isi konten dari slide yang kamu inginkan saja untuk mendapatkan animasi ini, contoh temanya seperti ini:

img_5faa02dcb90b7-5078967

Kamu hanya perlu mengubah isi konten dari tiap shape yang ada, tidak hanya itu terdapat juga banyak pilihan tema yang bisa kamu gunakan. Ikutilah instruksi yang ada di i9 template system untuk mempelajarinya lebih lanjut jika kamu ingin animasi transisi profesional.

Itulah cara membuat PowerPoint bergerak dengan mudah. Banyak template PPT yang bisa anda coba saat ini, entah itu yang free atau berbayar. Silahkan berkreasi ya!

Leave a Reply