2022 Update √ Cara Melakukan Restart Pada Windows 7 & 10

img_5faa02ad53c9e-1500581

Restart Windows 7 8 10
Ini adalah cara melakukan restart pada windows 7, 8 dan windows 10 dengan step paling gampang. Jangan risau untuk terus mendapatkan update berkala dari kami tentang tutorial seperti ini.

Saat ini pengguna sistem operasi yang paling banyak digunakan pada sistem operasi windows adalah versi windows 7 dan windows 10. Di samping banyak kegunaannyam terdapat banyak hal penting yang tidak diketahui oleh para penggunanya, termasuk fitur-fitur penting seperti “reboot” atau sering dikenal juga dengan fitur “restart” pada laptop.

Cara Restart Komputer atau laptop yang Menggunakan Windows 7

Melakukan restart pada laptop atau komputer yang kamu gunakan adalah fitur yang sangat penting untuk mengatasi banyak masalah yang mungkin terjadi saat kamu menggunakan komputer. Fitur restart ini dapat mengatasi masalah seperti komputer atau laptop yang lag, atau driver yang tidak terpasang dengan benar. Pada kesempatan ini kami akan memberikan tips cara melakukan restart pada windows 7 terlebih dahulu, yaitu dengan cara:

  1. Langkah 1

    Pastikan terlebih dahulu kamu sudah menyimpan semua dokumen atau hal yang sedang kamu kerjakan. Hal ini dikarenakan biasanya sistem operasi windows 7 saat menggunakan restart akan melakukan force close pada semua dokumen yang dikerjakana agar komputer dapat segera di restart.

  2. Langkah 2

    Tutup terlebih dahulu semua program yang sedang kamu jalankan. Sama seperti nomor 1, meskipun nantinya windows akan menutup secara otomatis semua program melalui fitur force sloe yang ada pada fitur restart, hal ini dilakukan untuk mengecek kembali semua pekerjaan yang kamu lakukan sudah tersimpan dengan benar.

  3. Langkah 3

    Setelah melakukan nomor 1 dan nomor 2, kamu dapat klik pada tombol windows yang ada di ujung kiri bawah layar, nantinya akan dibuka menu dari tombol start.

  4. Langkah 4

    Di sebelah tombol yang bertuliskan shut down terdapat tanda panah, klik pada tombol panah tersebut untuk membuka pilihan lainnya pada menu shut down.

  5. Langkah 5

    Disitu terdapat pilihan menu (lihat keterangan dibawah):

  • switch users” yang digunakan untuk berganti pengguna dalam satu komputer atau laptop tanpa menutup program. Pengguna yang dimaksud disini adalah akun-akun yang didaftarkan, yang digunakan untuk tujuan berbeda, seperti akun untuk publik yang dapat digunakan untuk semua orang dan akun pribadi untuk tujuan tertentu, biasanya diberikan password untuk setiap akun tersebut..
  • log off” yang dapat digunakan untuk berganti pengguna akun dengan menutup program secara keseluruhan.
  • lock” yang digunakan untuk mengunci akun yang sedang digunakan, biasanya dilakukan saat pengguna komputer sedang meninggal komputer, agar tidak ada yang mengakses komputernya saat pengguna komputer pergi.
  • Di bagian paling bawah, terdapat “sleep’ yang dapat digunakan untuk mematikan laptop atau komputer secara temporer, sehingga saat dinyalakan komputer atau laptop dapat berada di posisi terakhir saat digunakakn.
  • Klik lah pada tombol “restart” untuk memulai proses restart pada komputer/laptop windows 7 yang kamu gunakan.
    img_5faa02ada263e-1089553

6. Langkah 6

Perlu diingat versi dari windows 7 juga berbeda-beda seperti terdapat versi windows 7 home, professional, dan basic. Tergantung dari versi windows, proses restart dapat berbeda-beda lama waktunya tetapi waktunya biasanya dapat diukur antara 30 detik- 1 menit.

Tetapi pada banyak kasus, banyak orang mencoba melakukan restart pada laptop karena laptop stuck sehingga kamu tidak dapat klik pada tombol start pada windows. Jika hal ini terjadi, kamu dapat melakukan shortcut Ctrl+Alt+Delete, nantinya akan muncul layar yang berbeda dengan yang sedang kamu kerjakan. Pada bagian bawah ujung di sebelah kanan, kamu akan melihat tombol merah seperti ini.

img_5faa02adc342c-1396206

Klik lah pada tombol yang dilingkari, nantinya akan muncul pilihan tombol “shut down” dan “restart” pilihlah tombol “restart’, seharusnya setelah kamu klik pada tombol tersebut komputer/laptop yang kamu gunakan akan langsung memulai proses restart.

Tetapi jika kamu masih tidak bisa juga melakukan shortcut tersebut, cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan menekan tombol power pada komputer/laptop yang kamu gunakan. Tunggulah hingga komputer/laptop mati sepenuhnya dan nyalakan kembali, biasanya nanti akan terdapat notifikasi error yang akan bertanya kamu untuk “boot to safe mode”, pilihan ini kami rekomendasikan untuk kamu lakukan hanya jika kamu sudah tidak bisa mengakses secara normal saat komputer/laptop dinyalakan kembali. Kemudian ada pilihan  ‘start windows normally’”, pilihlah pilihan tersebut jika komputer/laptop dapat dinyalakan dengan normal.

Cara Restart Komputer atau laptop yang Menggunakan Windows 10

Kali ini, kami akan memberikan cara untuk melakukan restart pada komputer/laptop yang menggunakan windows 10.  Kami memberikan tips-tips ini dikarenakan windows 10 memiliki tampilan yang cukup berbeda dengan windows 7, sehingga pengguna windows 10 yang baru melakukan upgrade dari windows 7 seringkali mengalami kesulitan. Berikut adalah cara restart komputer/laptop windows 10:

  • Restart windows 10 melalui menu start

Seperti pada windows 7, cara yang paling sederhana yang dapat kamu lakukan untuk melakukan restart pada windows 10 adalah melalui menu start.
img_5faa02adddc8c-9473319

Pertama-tama kamu dapat klik pada tombol yang bergambar icon windows di ujung kiri bawah, kemudian klik pada tombol power nantinya akan muncul menu-menu baru. Pada salah satu menu tersebut terdapat menu “restart’, kamu dapat memilih menu tersebut untuk memulai proses restart pada windows 10.

  • Restart windows 10 melalui menu windows explorer

Kamu juga mematikan komputer/laptop yang menggunakan windows 10 melalui windows explorer dengan cara klik kanan pada icon windows di bagian ujung kiri bawah, atau melalui shortcut windows+X.
img_5faa02ae07fda-8576802
Nantinya akan muncul menu-menu baru, kemudian pilih pada bagian ‘shut down or sign out” yang akan memunculkan menu baru lainnya, klik pada menu restart untuk memulai proses start pada windows. 10.

  • Melakukan restart pada windows 10 melalui tombol Alt+F4

    img_5faa02ae2cb95-3331307

Cara ini dapat kamu lakukan jika komputer/laptop yang sedang kamu gunakan stuck dan komputer tidak bisa menerima perintah dari mouse yang sedang kamu gunakan. Tekanlah tombol shortcut Alt+F4 yang nantinya akan memunculkan window baru yang bernama ‘shut down windows”, klik kiri pada menu yang bertuliskan shut down, nantinya akan muncul berbagai menu baru, kliklah pada “restart” kemudian klik tombol “ok” untuk memulai proses restart pada windows 10.
img_5faa02ae5e83a-8347086

  • Melakukan restart pada windows 10 menggunakan command prompt

Cara ini sangat jarang dilakukan oleh kebanyakan orang awam yang menggunakan komputer/laptop windows 10 dikarenakan interface nya yang tidak mudah digunakan. Kliklah pada menu start dan carilah folder yang betuliskan “windows system”, nantinya kamu akan menemukan menu yang bernamakan ‘command prompt’, kliklah pada menu tersebut. Masukan perintah “shutdown /r” (tanpa tanda kutip) dan tekan tombol enter.

img_5faa02ae91bc5-6152538
Seharusnya setelah kamu tekan enter, nantinya akan muncul notifikasi jika komputer/laptop yang kamu gunakan akan memulai restart. Tunggulah beberapa saat, nantinya komputer/laptop akan mulai restart seperti biasa.

img_5faa02af0b87d-4437987

Jika kamu masih berada pada lock screen (kondisi dimana kamu seharusnya memasukan password dan memilih akun yang akan kamu gunakan), kamu juga dapat melakukan restart dengan cara klik icon power dan klik pada menu “restart”.

Itulah cara restart pada windows 7 dan windows 10 dengan step yang mudah. Semoga bermanfaat dan anda bisa menerapkannya ya.

Leave a Reply