7 Perbedaan Laptop dan Notebook (Update Terbaru 2023)

img_5faa0319df2f0-5563887

Perbedaan laptop dan notebook memang sekilas nampak tidak ada. Tapi jangan salah, banyak juga yang terkecoh dengan 2 perangkat ini. Setidaknya itulah yang akan kita kupas kali ini. Beda laptop dan notebook bisa dianalisa dari berbagai segi.

Perangkat notebook maupun laptop saat ini sudah merupakan sesuatu yang lumrah saja. Bahkan sudah mulai menggeser keberadaan komputer versi zaman dahulu. Meskipun kalau diperkantoran tertentu, terkadang masih kita jumpai penggunaan komputer (tentu speknya sudah ditingkatkan dibandingkan komputer jadul).

Perangkat Portabel Lebih Diminati

Orang akan lebih menginginkan perangkat yang sifatnya portabel, yang mudah dibawa kemana-mana. Sifat yang fleksibel tentu mau tidak mau harus merubah dimensi dari komputer jadul yang berat, antara monitor dan CPU terpisah membuatnya tidak memungkinkan untuk diajak kemana-mana.

Sebelumnya kami telah memadankan sebuah tutorial sederhana tentang cara uninstal aplikasi dilaptop windows 10. Dalam tutorial tersebut ada beberapa tips dan trik yang mungkin bisa anda gunakan pada kesempatan yang lainnya.

Setidaknya ada 7 faktor perbedaan laptop dan notebook:

  1. Spek grafis
  2. Bobot
  3. Size RAM
  4. Dimensi layar
  5. Baterai Endurance
  6. Slot CD/DVD ROM
  7. Ruang Penyimpanan

Dari 7 faktor yang menjadi pembeda, mungkin akan ada perbedaan lagi yang bisa kita temukan. Namun kami rasa dari ketujuh faktor tersebut sudah cukup memenuhi segala dimensi letak perbedaan yang paling mudah untuk ditemukan. Perbedaan ini tidak menilik pada harga, karena memang tidak bisa dijadikan patokan. Selain itu juga tidak mengaitkan dengan merk laptop atau notebook tertentu. Perbedaan ini dititik beratkan pada keumuman yang sering dan mudah dijumpai. Lihat pembahasan dibawah:

Perbedaan Laptop dan Notebook

Spek grafis
img_5faa031a5a52d-3000550

Dari segi keumumandan yang paling sering ditemukan bahwa Video Graphics Array (VGA) yang tersemat dalam sebuah laptop mempunyai spek yang lebih besar. Sedangkan pada Notebook sering kali didapati spek VGA yang tersemat masih dibawah Laptop. Tapi belakangan ini,dengan makin canggihnya perkembangan teknologi, spek grafis di kedua perangkat (Laptop & Notebook) nyaris sudah sejajar.

Bobot
img_5faa031b15d19-9664356

Yang paling mudah dilihat dan bisa kita bandingkan secara langsung saat memegang kedua perangkat ini,yaitu bobot diantara keduanya. Pada notebook, umumnya bobot total dibawah 3 kg. Sedangkan pada Laptop bobotnya rerata diatas 3 kg.

Size RAM
img_5faa031bcfce7-5016653

Random access memory atau RAM yang terdapat pada kedua perangkat ini biasanya memiliki kapasitas yang berlainan. RAM yang disematkan pada perangkat laptop biasanya berkapasitas besar. Untuk Notebook sendiri, RAM-nya juga lumayan besar namun masih dibawah laptop.

RAM yang kecil bukan masalah lagi sekarang, karena teknologi saat ini sudah memungkinkan untuk menambah kapasitas RAM dalam sebuah perangkat. Dan terlebih, sudah sangat banyak Notebook keluaran terbaru yang juga memiliki RAM yang mumpuni.

Dimensi Layar
img_5faa031c7330f-2449586

Disinilah letak perbedaan yang paling signifikan bisa terlihat. Pada ukuran layar, laptop memang terlihat lebih luas. Ukuran layar laptop yang biasanya ada secara umum dikisaran 18 inch atau lebih dari itu. Untuk Notebook sendiri ukuran layarnya secara kebanyakan dibawah 18 inch.

Baterai Endurance
img_5faa031d19945-5432260

Baterai Endurance ini lebih kepada daya tahan baterai yang ada pada kedua perangkat. Perbandingannya memang masih lebih mengunggulkan Notebook, dimana pada Notebook terbilang lebih hemat dari segi konsumsi baterai, dan menyebabkan daya tahan baterainya menjadi lebih bagus. Mari bandingkan dengan Laptop, saat pemakaian aplikasi dan sumber daya lain yang setara, biasanya baterai laptop lebih cepat terkuras dibandingkan Notebook, dan ini berakibat pada daya tahan baterai menjadi tidak terlalu bagus.

Slot CD/DVD ROM
img_5faa031d904d5-7439273

Ini juga menjadi pembeda yang paling signifikan. Bahwa dalam perangkat Notebook, tidak ditemukannya Slot untuk memasukkan CD ataupun DVD. Berbeda dengan laptop, CD atau DVD ROM ini selalu ada.

Ruang Penyimpanan
img_5faa031e0d57a-7998107

Pada laptop biasanya memakai ruang penyimpanan berjenis HDD, tapi ada beberapa yang memakai SSD. Sedangkan pada Notebook hampir sepenuhnya memakai SSD. Kapasitas HDD biasanya jauh lebih besar jika dikomparasikan dengan SSD. Tapi dari segi kecepatan, SSD melebihi HDD.

Dari beberapa penjelasan diatas perbedaan secara umum ada yang memang terlihat sangat menonjol dan ada juga yang memang terkadang sifatnya bisa berubah seiring dengan perkembangan teknologi yang terus maju. Apapun merk-nya entah itu Asus, Acer, HP, Dell, Axioo dan sebagainya, biasanya vendor-vendor ini akan memproduksi kedua varian ini (baik itu Laptop ataupun Notebook).

Akhirnya selesai untuk waktu terkini ulasan dan bahasan tentang apa bedanya laptop dan notebook. Selalu setia untuk menunggu artikel kami selanjutnya yang tentu saja akan mengulas dengan komprehensif dan penuh bobot kualitas terbaik.

Leave a Reply