2022 Update ✅ Perbedaan AMD dan Intel, Siapa yg Lebih Baik?

img_5faa02f198ee8-7578332

perbedaan amd dan intel 2022
Seperti yang kita ketahui, hingga saat ini terdapat 2 processor yang mendominasi di dunia komputer maupun laptop yang ada di dunia yaitu AMD dan Intel. Perusahaan Advanced Micro Devices (AMD) sudah memperoduksi CPU, motherboard, microchips, dan peralatan komputer lainnya lebih dari 40 tahun, merupakan perusahaan kedua terbesar di industri ini setelah perusahaan Intel yang sudah ada sejak tahun 1968 dan merupakan pemimpin industri di sektor ini karena divisi research and development nya yang sangat bagus. Produk kedua perusahaan ini dapat ditemukan di mayoritas komputer dan laptop yang ada di dunia, tetapi siapa yang lebih baik diantara kedua perusahaan ini, dan manakan produk perusahaan yang lebih baik khususnya pada processor?

1. Produk Flagship dan produk terbaik

Saat ini Intel adalah perusahaan yang memproduksi processor gaming tercepat dengan intel core i9-9900k dan intel core i7-9700K. Produk intel memang sudah sangat terpercaya untuk bidang gaming dan sudah memiliki image kuat sebagai processor utama yang dituju jika ingin performa gaming terbaik. Tidak hanya itu Intel juga meluncurkan intel core i5-9600k dan intel core i3-8100 sebagai processor kelas menengah keatas dengan performa yang cukup baik. Intel core i5/i7/i9 yang diluncurkan oleh Intel dapat mendukung hingga 128GB Ram DDR4, sedangkna intel core i3 dapat mendukung hingga 64GB RAM.
img_5faa02f21a86d-7261600

AMD sendiri sebenarnya di satu dekade terakhir cukup tertinggal di sektor processor hingga pada tahun 2017 AMD merubah semua itu dengan meluncurkan processor Ryzen series, dengan performa yang jauh meningkat lebih dari 50% dari produk sebelumnya, yang menari mata para peminat teknologi. Yang membuat produknya menarik saat itu adalah saat Intel masih merilis processor dengan 8 inti dan 16 threads, AMD sudah meluncurkan processor dengan 16 inti dan 32 threads pada Ryzen 3950x. Tahun Juli 2019 kemarin, AMD meluncurkan Ryzen 3000 series, dengan performa yang sangat menarik yang dapat bersaing dengan produk terbaik dari intel meskipun masih belum dapat menggungguli di sektor gaming saat dipadukan dengan kartu grafis kelas atas. Ryzen 3000 series juga sangat diminati karena fabrikasinya yang hanya 7nm, sehingga mengonsumsi daya jauh lebih rendah daripada Intel dengan fabrikasi 14nm.

Untuk produk flagship, AMD saat ini menawarkan ryzen 9 3900X dengan 12 inti dan 24 threads seharga Rp. 6,8 jutaan dan ryzen 3950x yang sudah di upgrade seharga Rp. 10,2 jutaan sedangkan intel dengan intel core i9-9900K diberi harga sebesar Rp. 8,8 jutaan. Perlu diketahui banyaknya inti dan threads tidak dapat menjadi satuan performa mana yang lebih baik karena inti dari intel core i9-9900K bisa dikatakan lebih baik dari inti Ryzen 9 3900x atau ryzen 3950x, tetapi secara keseluruhan performa dari kedua processor flagship ini dapat dibandingkan.

2. Dari segi keamanan

Image yang ada sejak dulu adalah processor intel lebih aman daripada AMD, tetapi perlu kita ketahui juga istilah dari ‘keamanan’ sendiri adalah hal yang rancu dan susah untuk dinilai, terlebih lagi dari segi keamanan biasanya yang diperhatikan adalah software dan bukan hardware. Tetapi insiden meltdown and spectre terjadi pada tahun 2018, yang menyerang semua processor yang ada di dunia mulai dari AMD, intel dan ARM. Peneliti telah menyatakan jika pada 2 dekade terakhir, semua processor yang diproduksi sangat rawan terhadap eksploitasi hardware yang sulit untuk diperbaiki.
img_5faa02f2befdf-2163414
Pada dasarnya insiden ini merusak hardware dari processor yang ada dan merusak data yang ada. Insiden ini sangat merugikan intel dikarenakan processor yang dibuat intel dipakai mayoritas komputer yang ada di dunia. Sedangkan AMD sendiri meskipun mengalami dampak dari insiden ini, tetapi bisa dibilang dampak yang ada tidaklah signifikan, sehingga bisa dibilang hingga saat ini AMD adalah processor yang lebih aman, khususnya jika kita mmelihat insiden meltdown and spectre.

3. Dari segi harga

Dari sejak dahulu AMD bisa dibilang ada perusahaan yang dipandang memiliki image sebagai processor dengan harga yang lebih murah dari Intel dan dapat memberikan value yang besar untuk processor yang diproduksinya. Bisa dibilang hingga saat ini produk dari AMD masih lebih murah daripada Intel. Tetapi karena adanya kompetisi dari segi harga ini, intel menjadi tertekan untuk menurunkan harga sehingga meluncurkan intel core X series dengan 18 inti dan 36 threads seharga Rp. 13 jutaan yang ditujukan untuk bersaing dengan produk ryzen 3950x dengan 16 inti dan 32 threads yang diberi harga Rp. 11 jutaan, harga ini jauh lebih murah daripada core x seri sebelumnya yang dihargai Rp. 22 jutaan.
img_5faa02f336735-5949797

Tidak dapat dipungkiri, saat ini Intel juga merasakan tekanan yang besar karena saat ini market share dan penjualan AMD sangat naik dikarenakan value processor yang perusahaan produksi sangatlah besar dengan harga yang terbilang jauh lebih murah dari intel, meskipun hingga saat ini intel masih mendominasi pangsa pasar processor.

4. Dari segi processor laptop

Di industri laptop pun, intel masih mendominasi pangsa pasar hingga mencapai 85% lebih, tetapi diprediksi setelah kuartal 1 2020, AMD akan meningkatkan pangsa pasarnya di industri ini hingga 20%. Hal ini dikarenakan vendor perusahaan laptop banyak yang berpindah ke processor AMD dikarenakan kelangkaan dari stock processor yang diproduksi intel, sehingga mayoritas perusahaan laptop memenuhi stock processor nya dengan processor yang diproduksi AMD.
img_5faa02f3b8599-9396143

Dari segi performa sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan karena kedua perusahaan memiliki produk-produk yang ditentukan untuk bersaing di kelas yang sama, tetapi jika kalian ingin mencari laptop dengan processor terbaik dan harga yang murah, kalian harus mempertimbangkan membeli AMD ryzen series yang bisa dibilang lebih murah daripada intel core i5 atau intel core i7.

Pertimbangan Pribadi Sebelum Menjatuhkan Pilihan

Untuk pemilihan processor kalian tetap harus mempertimbangkan apa kebutuhan kalian, seperti kecepatan, performa grafis, fleksibilitas, gaming, dan lain-lain. Untuk kebutuhan pelajar, gamer yang budget nya terbatas, dan kebutuhan sehari-hari processor dari AMD adalah pilihan yang sangat tepat, terlebih lagi karena harganya yang murah dari intel. Jika kalian memang menginginkan performa gaming terbaik, kalian dapat mempertimbangkan intel core i5/i7/i9 generasi terbaru karena sudah terbukti dari tes benchmark jika processor intel core i series menunjukan hasil lebih baik, terlebih lagi jika dipadukan dengan kartu grafis.

Kebutuhan mayoritas orang, intel core i5 generasi terbaru sudah lebih dari cukup untuk aktivitas sehari-hari seperti membuka aplikasi office, editing ringan, dan kebutuhan media. Jika kalian ingin processor dari AMD kalian dapat mempertimbangkan  AMD ryzen 5 2600, karena performanya yang sudah cukup baik dan dapat dibandingkan dengan intel core i5 seri terbaru.

Baca juga: Cara Memotong Gambar di Photoshop

Itulah perbedaan antara AMD dan Intel, untuk processor yang lebih baik itu relatif tergantung dari sudut pandang kalian tetapi untuk masalah performa produk, hal ini masih dapat dibandingkan.

Leave a Reply