Pengertian Server dan Client (Fungsi, Karakteristik) 2023

img_5faa03115ccd3-8905645

Server dan Client
Pada tahapan yang satu ini blog DemiNasi.COM selaku blog yang secara kontinue membahas perihal teknologi dan turunannnya, kali ini akan membahas tema utama yang berupa pengertian server dan client.

Pada mulanya Istilah client dan server ini diciptakan pada era 1980-an untuk menggambarkan model komputasi terdistribusi di mana perangkat client meminta layanan dari perangkat server. Sebagai tambahan, Client dan server pada hakikatnya adalah hubungan antara proses yang berjalan pada komputer terpisah yang saling terhubung oleh jaringan komputer. Server tugasnya penyedia layanan dan Client sebagai konsumen. Sehingga dalam hal ini ada pemisahan fungsi yang jelas, baik itu dalam hal perangkat keras dan perangkat lunaknya.

Pada hakikatnya 2 hal ini sangatlah berkaitan erat dan saling mengisi fungsi diantara masing-masing. Dalam dunia internet dan teknologi, istilah server maupun klien sendiri bukanlah sesuatu yang asing dan sudah sering kita dengar. Namun barangkali ada yang belum mengerti secara penuh akan hal tersebut.

Perlu diingat bahwa artikel ini dirancang untuk memberi Anda pemahaman dasar tentang klien / server sesuai dengan keumuman yang ada sekarang ini. Disini juga kami akan hadir dan membahas dengan sangat komprehensif serta runut memakai bahasa yang mudah untuk dipahami.

Cakupan Bahasan:

  1. Pengertian Server dan Client
  2. Fungsi
  3. Kelebihan dan Kekurangan
  4. Bagaimana Client-Server bekerja?
  5. Karakteristik Komputasi Server Client


Pengertian

Apa itu Client?

Pengertian client adalah suatu perangkat keras komputer yang mengakses layanan yang disediakan oleh server. Komputer client ini akan me-request atau meminta suatu service. Service ini secara ketentuan disediakan oleh server.

apa itu Server?

Pengertian Server adalah Suatu komputer fisik yang didedikasikan sepenuhnya untuk menjalankan layanan atau dengan kata lain untuk melayani kebutuhan komputer lain (komputer client). Pelayanan yang diberikan bisa berupa  server file, server database, server web dan jenis server lainnya.

Semua request yang terjadi pada komputer client akan senantiasa dipenuhi oleh komputer server.

Pada intinya akan terdapat semacam 2 garis besar berupa:

  • Client > Meminta layanan
  • Server > Melayani permintaan

Tolong jangan kebalik memahaminya, karena akan berakibat salah pemahaman dan bukan saja itu, akan mengakibatkan kedepannya anda menjadi benar-benar gagal paham.

Dengan memahami dua garis besar diatas, mudah-mudahan anda akan lebih paham dan mudah untuk membedakan jika ada pertanyaan yang berkaitan dengan hal ini. Pengertian server dan client pada jaringan komputer sudah cukup lengkap kami rasa. Anda hanya perlu menelaah secara perlahan saja.

Fungsi Client dan Server

Kalau dilihat dari pengertian yang telah kita bahas sebelumnya, akan ada beberapa perbedaan fungsi yang cukup signifikan yang akan terlihat, cek langsung ya:

Fungsi Server:

  • Bertugas sebagai akseptor (penerima) permintaan yang datang dari client sekaligus memprosesnya lebih lanjut.
  • Melakukan proses periksa authorisasi pada permintaan yang masuk
  • Menyimpan, mengambil dan mengirim file dan data komputer ke komputer lain pada suatu jaringan
  • Memastikan bahwa klien memiliki izin untuk mengakses data atau sumber daya yang diminta

Fungsi Client:

  • Mendapatkan file dari server.
  • Mengirim file ke server.
  • Melakukan setting antarmuka (tampilan) pengguna.

Kelebihan dan Kekurangan Client-Server

Kelebihan jaringan client-server:

  1. Terpusat: Pencadangan terpusat dimungkinkan di jaringan klien-server, misal Semua data disimpan di server.
  2. Keamanan: Jaringan ini lebih aman karena semua sumber daya bersama dikelola secara terpusat.
  3. Kinerja: Penggunaan server khusus meningkatkan kecepatan berbagi sumber daya. Ini meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan.
  4. Skalabilitas: Kemampuannya dapat menambah jumlah klien dan server secara terpisah, misal elemen baru dapat ditambahkan, atau bisa pula menambahkan simpul baru di jaringan kapan saja.
  5. Upgrade di server mudah.
  6. Sistem Pencadangan dan Pemulihan yang memungkinkan memberikan fitur untuk memulihkan data yang dihapus.

Kekurangan dari jaringan Client-Server:

  1. Kemacetan trafik lalu lintas jaringan adalah masalah besar dalam jaringan client – Server. Ketika sejumlah besar client mengirim permintaan ke server yang sama dalam satu waktu, dapat menyebabkan masalah kemacetan lalu lintas jaringan.
  2. Elemen jaringan tidak terlalu kokoh. Ketika server sedang down, maka permintaan klien tidak dapat dipenuhi.
  3. Lebih mahal dibandingkan dari jaringan peer-to-peer.
  4. Anda memerlukan spesialis IT untuk memelihara server dan detail teknis lainnya dari jaringan

Baca juga: Jenis-Jenis Kabel Fiber Optik

Bagaimana Client-Server bekerja?

Setidaknya ada ketentuan yang harus dipahami terlebih dahulu yaitu cara kerja ini tidak akan berjalan kalau salah satu unsur tidak ada. Unsur disini adalah berupa komputer client dan juga Server. Minimal 2 hal itu harus ada.

Client: Ketika kita berbicara tentang client, artinya kita sedang berbicara tentang seseorang atau organisasi yang menggunakan layanan tertentu. Demikian pula dalam dunia digital, Client adalah komputer (Host) yang menerima informasi atau menggunakan layanan tertentu dari penyedia layanan (Server).

Server: Saat kita berbicara kata Server, itu berarti seseorang atau media yang melayani sesuatu. Demikian pula dalam dunia digital ini, Server adalah komputer jarak jauh yang menyediakan informasi (data) atau akses ke layanan tertentu.

Karakteristik Komputasi Server Client

Poin penting untuk komputasi server client adalah sebagai berikut:

  1. Komputasi server client berfungsi dengan sistem permintaan dan respons. Client mengirim permintaan ke server dan server merespons dengan informasi yang diinginkan.
  2. Client dan server harus mengikuti protokol komunikasi umum sehingga mereka dapat dengan mudah berinteraksi satu sama lain. Semua protokol komunikasi tersedia di lapisan aplikasi.
  3. Server hanya dapat mengakomodasi permintaan client dalam jumlah terbatas. Jadi ia menggunakan sistem berdasarkan prioritas untuk menanggapi permintaan.
  4. Contoh dari sistem komputasi server client adalah server web. Ini mengembalikan halaman web ke client yang meminta mereka.

Demikian bahasan mencakup pengertian server dan client dengan bahasan yang lengkap dan tepat serta terarah.

Leave a Reply