Jenis, Fungsi & Macam-Macam Microsoft Office (Update 2023)

Jenis, fungsi dan macam-macam microsoft office lengkap dengan ulasan sempurna dan ditata sedemikian apik.

Kalian pengguna windows? Entah anda memakai windows vista, 7, 8 atau windows 10, tentu sudah tak asing dengan yang namanya Microsoft Office. Yaps, hampir dan bahkan nyaris dari setiap pengguna OS Windows selalu juga didalamnya ada program office. Ms Office sendiri adalah sebuah program keluaran microsoft yang sudah dipakai jutaan orang diseluruh dunia. Dari segi fitur, Ms.office memiliki banyak keunggulan yang membuat usernya mempercayakan pada program yang satu ini.

Microsoft ltd sendiri adalah salah satu pioneer yang memang saat ini masih merajai pasaran dunia. Setidaknya saat ini masih belum ada yang mampu menyaingi baik itu dari segi fitur maupun dari segi kemudahan dalam menggunakannya. Biar tidak berlama-lama dan membuat anda penuhrasa tanda tanya, silahkan selengkapnya dilihat:

Ms.Office Word

Microsoft office yang satu ini lebih di kenal dengan nama Ms.Word. Adalah sebuah program yang sangat populer dan rasanya menjadi program yang paling banyak dipakai. Anda yang biasa mengetik tentu sudah paham dengan fungsi dari ms.word ini. Yaps, hampir dipastikan anda yang kesehariannya selalu mengutak-atik data berupa dokumen, entah itu dokumen kantor, sekolah atau dokumen yang sifatnya pribadi, bisa dengan mudah memakai program yang satu ini.

merupakan salah satu software Ms.Office yang paling sering digunakan pengolah dokumen seperti proposal, surat dan dokumen lainnya. Aplikasi ini dikembangkan oleh Microsoft yang terdapat dalam paket Microsoft Office. Microsoft Office ini berisi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Publisher, Micosot Outlook, Microsoft FrontPage, Microsoft Info Path, Microsoft Visio, Microsoft Access, Microsoft Groove, Microsoft One Note.

Aplikasi berlambang W ini awal mulanya di rilis sekitar tahun 1983. Format yang dihasilkan dari ms.word sendiri yaitu .docx. Dalam perjalanannya, banyak versi berbeda yang kemudian dikembangkan untukberagam OS. Mulai dari MacOS, linux dan tentu saja OS Windows.

Fungsi Ms.Word

MS.Word merupakan software yang cukup mudah digunakan. Tugas utama dari ms.word yaitu lebih sebagai pengolah kata. Jadi, hampir segala hal yang berkaitan dengan mengelola kata-kata akan selalu membutuhkan aplikasi yang satu ini. Tidak hanya itu, dengan memanfaatkan tool-tool pendukung yang tersemat didalam aplikasi ini, anda bisa dengan mudah saat akan

  1. Insert foto kedalam tulisan
  2. Membuat variasi font
  3. Membuat tabel dengan beberapa pilihan format
  4. Membuat dokumen surat-menyurat
  5. Membuat dokumen pribadi, dll.

Tidak terbatas itu saja. Anda bisa memanfaatkan fitur yang terdapat dalam ms.word untuk berbagai keperluan. Silahkan ber-eksplorasi dengan fitur-fitur yang ada didalamnya.

Beberapa Manfaat Ms.word

Memang banyak sekali manfaat yang bisa anda ambil, diantara yang paling umum yaitu:

  • Membantu Meringkan Kerja

Keberadaan Microsoft word tak pelak memberi andil yang cukup besar dalam kehidupan kita sehari-harinya. Banyak sekali pekerjaan yang terbantu dengan mudahnya saat memakai aplikasi word. Kalau dalam masa yang lampau, kita masih dihadapkan dengan mesin tik dimana banyak keribetan didalamnya, dan juga dokumen yang dihasilkan hanyalah hitam diatas putih. Sama sekali berbeda jauh dengan sekarang ini, banyak variasi yang bisa kita temukan dan gunakan dengan sangat mudahnya.

  • Efisiensi dan Efektifitas Kerja Lebih Terukur

Tentu saja dalam kerjaan sehari-hari ataupun saat akan menyelesaikan tugas disekolah dan juga hal yang bersifat pribadi, kita ingin mendapatkan efisiensi kerja yang bagus. Hingga tidak adanya waktu yang terbuang dengan sia-sia. Memakai Ms.Word membawa banyak sekali manfaat. Ketersediaan fitur pendukung yang tertanam didalamnya juga menjadikan kerja kita makin efektif.

  • Pengeluaran Menjadi Lebih Hemat

Hasil ketikan kita di microsoft word bisa dengan mudahnya kita simpan kedalam folder tertentu. Dan ini juga bisa memudahkan kita saat memerlukan dokumen itu suatu saat nanti. Untuk dokumen yang sama, kita tak harus mengetik ulang. Untuk keperluan archive di kantor misalnya, kita tak harus mencetaknya dalam jumlah yang banyak, karena salinan filenya bisa kita simpan ditempat yang aman. Dan efeknya bisa membuat biaya operasional menjadi sangat hemat.

Ms. Excel

Sebagai bagian bundling dari Microsoft office, microsoft excel belakangan ini memang menjadi cukup penting terutama untuk hal yang berkaitan dengan data yang berupa angka. Kecenderungan fungsinya yang lebih diutamakan sebagai pengolah angka, tentu tak lepas dari rumus-rumus tertentu yang bisa anda temukan didalamnya. Melakukan kalkulasi sederhana seperti penambahan, pengurangan, dan pembagian juga bisa dengan mudah dilakukan.

Proses akunting juga sangat sering dilakukan via excel. Untuk membuat tabel misalnya, banyak sekali variasi yang bisa digunakan, mulai dari bentuk tabelnya sampai dengan warna yang di inginkan. Anda juga bisa dengan mudah membuat jurnal hasil penjualan produk sebuah perusahaan dengan memanfaatkan program excel ini. Mafhum sekali, aplikasi ini nyaris sudah familiar bagi mereka yang bekerja sehari-harinya dalam mengolah data yang berbasis angka. Entah itu dalam korporat besar, instansi plat merah atau UMKM (UKM) yang memerlukan sistem pembukuan modern.

didalam Microsoft Excel sendiri anda bisa dengan mudahnya melakukan manajemen data, membaca grafik keuangan sebuah institusi, menggunakan rumus-rumus dalam melakukan perhitungan dan banyak hal lainnya yang berkaitan dengan data-data angka. Untuk menggunakan rumus yang mungkin cukup kompleks, anda mungkin membutuhkan sedikit waktu tambahan untuk mempelajarinya. Dikarenakan ada banyak sekali pola rumus yang bisa diterapkan didalamnya. Tentu sesuai dengan kebutuhan anda saja, tidak semua rumus harus dipahami.

Program Excel sendiri dirancang untuk memudahkan penggunanya dalam mengolah angka-angka. Didalamnya akan kita jumpai pola Spreadsheet (kumpulan dari sel) dimana sel itu sendiri merupakan bentukan dari kolom dan juga baris. Untuk penggunaan lebih lanjut, anda nanti akan banyak sekali menjumpai istilah bari dan kolom ini. Ms. Excel ini sampai detik ini masih menjadi primadona dikalangan korporasi besar sampai dengan untuk pemakaian pribadi. Tak heran jika kemudian aplikasi yang satu ini nyaris selalu ada dalam perkantoran, karena fungsinya yang memang sangat dibutuhkan.

Penyusun Ms. Excel

Terdapat beberapa susunan dalam Ms.Excel itu sendiri, hal ini harus anda pahami terutama nanti jika anda ingin memperdalam bagian office yang satu ini.

  • Row Heading, lebih kepada menunjukkan letak baris dalam sheet yang sedang dibuka
  • Column Heading, Yaitu lebih mengarah untuk menunjukkan letak column (kolom) pada Excel
  • Cell Pointer, Letak sel
  • Formula Bar, Merupakan area untuk pengetikan rumus yang dipakai saat menggunakan Excel

Beberapa Fungsi & Kegunaan Ms.Excel, diantaranya:

Microsoft Excel sudah tak asing dalam kehidupan kita sehari-hari,Microsoft Excel memiliki banyak sekali fungsi antara lain,

  1. Memudahkan dalam menyusun laporan keuangan sebuah perusahaan/instansi tertentu.
  2. Memudahkan dalam menyusun Daftar Nilai untuk siswa/mahasiswa
  3. Memmudahkan dalam menyusun daftar absensi
  4. Memudahkan saat akan memakai rumus dasar seperti X : + –
  5. Memudahkan pembuatan grafik dari sekumpulan data yang telah ada
  6. Memudahkan dalam pembuatan diagram
  7. Memudahkan dalam penyelesaian pertanyaan berkaitan matematika ataupun logika.
  8. Memudahkan dalam mencatat pembukuan koperasi
  9. Memudahkan dalam pembuatan presentasi untuk berbagai tujuan.
  10. Memudahkan membaca data

Keunggulan Ms. Excel

Banyak sekali manfaat yang bisa kita maksimalkan dari aplikasi yang satu ini, diantara yang sering kita rasakan manfaatnya ialah:

  1. Microsoft Excel memakai interface yang sangat bersahabat (bahkan untuk pemula sekalipun).
  2. Fitur untuk pembuatan tabel data yang disematkan sangat melimpah.
  3. Didalamnya terdapat fitur VBA yang fungsinya sangat besar.
  4. Ukuran data yang bisa di simpan dalam Ms.Excel terbilang sangat besar.
  5. Cara menjalankannya tidak terlalu sulit, anda hanya perlu memahami lebih lanjut tentang penggunaan rumus ataupun logika yang dipakai dalam aplikasi ini.

Minus Dalam Ms. Excel

Beberapa yang telah kami sampaikan tentang kelebihan Ms.Excel diatas memang membuatnya layak untuk digunakan. Namun kita juga harus realistis bahwa ada celah kelemahan dalam program Office yang satu ini, ialah:

  1. Ms. Excel tidaklah gratis, anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan Microsoft Excel versi lisensi resminya.
  2. Bagi yang awam dengan rumus/logika di aplikasi ini, anda harus dituntut terlebih dahulu untuk mempelajarinya, agar bisa menjalankan aplikasi ini.
  3. Salah memasukkan rumus (input rumus) akan mengakibatkan salah hasil akhirnya (output juga akan salah).

Power Point

Satu lagi program yang terdapat pada paket Ms. Office yaitu Ms. PowerPoint. Power Point ini penggunaannya lebih kepada pembuatan presentasi. Namun jangan pula kaget ketika ada yang memakai power point untuk membuat sebuah gambar tertentu. karena memang sifatnya cukup fleksibel. Meskipun kalau dilihat secara umum, memang penggunaannya lebih kepada pembuatan slide-slide dalam kerangka presentasi. Anda juga bisa membuat sebuah animasi sederhana dengan memakai aplikasi yang satu ini. Power Point ini tidak hanya ada di OS windows saja tapi juga tersedia di Mac OS besutan Apple.

Dengan adanya Power Point, anda akan lebih terbantu dalam membuat presentasi yang dinamis, tidak monoton dan juga lebih kaya akan variasi. Dalam power point juga terdapat banyak templates yang bisa anda gunakan dengan bebas. Selain itu ada tools tambahan yang membuat power point makin power full.

Beberapa Fungsi Power Point

  1. Tentu yang utama adalah memudahkan dalam membentuk slide didalam presentasi itu sendiri.
  2. Kemudahan disaat ingin mengkreasikan presentasi dengan memakai image, audio maupun visual lainnya semisal video.
  3. Memudahkan dalam pembuatan presentasi profesional
  4. Slide yang sudah dibuat bisa di print/cetak dengan mudah

Keunggulan Power Point

  1. Bisa di simpan dengan mudah dalam bentuk soft copy
  2. Sangat fleksibeldan mudah sekali digunakan
  3. Adanya fitur yang menarik berupa animasi, slideshow dsb
  4. Hasil keluaran dari powerpoint bisa disimpan dalam berbagai format

Outlook

Berkirim pesan elektronik tentu tidak bisa hanya mengandalkan browser saja. Anda harus mempunyai tempat khusus, karena surel (surat elektronik) yang dikirim atau diterima biasanya bersifat rahasia. Fungsi umumnya memang lebih cenderung pada berkirim surel, namun dalam Ms.Outlook sendiri ada fitur lainnya berupa jurnal, notes atau juga calendar dll.

Ms. Outlook ini bisa dipakai hampir disemua perangkat yang berbasis windows. Adapun jika ingin memakainya diperangkat mobile, anda cukup menambahkan add ons saja, sehingga anda bisa melakukan sharing ke smartphone pribadi yang anda miliki.

Adapun Fungsi Ms.Outlook Diantaranya:

  1. Setiap surel (email) yang masuk bisa anda “read” walau tidak online.
  2. Tentu fungsi kedua ini sudah pasti ada, yaitu berkirim e-mail dengan cepat.
  3. Anda bisa mencadangkan email di laptop anda.
  4. Mempermudah scheduling.
  5. Setting alamat kontak menjadi lebih gampang.

Kelebihan yang dimiliki Microsoft Outlook

Adapun yang memang nampak menjadi fitur yang membuatnya unggul, seperti yang kami paparkan berikuti ini:

  1. Tampilan aplikasinya sederhana tapi terlihat sangat oke.
  2. Anda bisa mengintegrasikannya dengan Skype jadi dengan mudahnya mampu video call-an via Skype.
  3. Anda bisa mencetak/print pada folder mail.
  4. Anda bisa mengintegrasikan Outlook dan media sosial dengan gampang.
  5. Kapasitas yang diberikan via SkyDrive sangat “wah”, yaitu dikisaran 7GB.

InfoPath

Varian lain yang terdapat pada Ms.Office yaitu Microsoft Office InfoPath berupa aplikasi yang fungsinya mengembangkan formulir entri data yang berbasis XML. Format yang dihasilkan dari program Infopath berupa Xdocs. Infopath sendiri lebih mengkhususkan diri pada kemampuannya untuk membuat atau juga membuka file XML (ekstensi .XDocs).

Dalam program InfoPath sendiri, anda bisa mengkonfigurasikannya dengan sistem eksternal yang biasa disebut XML Web Services via Microsoft XML Parser (MSXML). Selain itu anda juga bisa mengkonfigurasikannya lewat SOAP Toolkit.

Ms. Visio

Anda yang terbiasa membuat Flowchart tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Microsoft Visio. Hampir sebagian besar, mereka yang sering membuat diagram akan memilih aplikasi yang satu ini.

Pihak korporasi Microsoft sejatinya bukanlah pembuat aslinya. Visio adalah hasil karya dari perusahaan Visio Corporation. Kemudian, keberadaan Visio sendiri dirasa mendukung dengan program Office yang ada di Microsoft. Kecocokan ini lantas membuat pihak Microsoft mengakuisisinya (Tepatnya sekitar tahun 2000-an). Visio 2007 versi standard menawarkan kemudahan dan fitur yang cukup banyak, namun tentu versi professionalnya telah melampaui versi standard, baik itu dari segi kekayaan template yang tersemat atau juga kemudahan-kemudahan lain yang lebih banyak jumlahnya.

Bagi yang berkutat dalam dunia kerja dan membutuhkan tools yang bisa dengan mudah untuk membuat sebuah diagram, tentu Microsoft Visio adalah sebuah pilihan rasional yang tepat sekali. Interface yang aduhai ditambah lagi versi profesionalnya yang memiliki templates memukau, akan makin membuat orang jatuh hati untuk segera menggunakannya.

Beberapa Fitur Tersemat dalam Ms. Visio

  1. Fitur pertama yaitu AutoConnect, fitur ini lebih kepada sebagai penghubung antar shape (sifatnya auto) dan juga untuk mengatur rerata.
  2. Fitur kedua yaitu Data Link, Fitur ini lebih kepada sebagai penghubung antara sumber data dan juga diagram visio itu sendiri. Mengkoneksikan antar data source dan juga shape source, sekaligus mengaturnya.
  3. Fitur Tema, Lebih kepada agar diagram yang telah dibuat memiliki tampilan yang keren dan “wah”.
  4. Fitur Data Graphics

Keunggulan Ms.Visio

  1. Kaya akan tools yang memiliki fungsi yang banyak
  2. Lebih mudah digunakan dan tampilannya yang cukup userfriendly
  3. Terdapat banyak templates yang bisa anda jelajahi satu persatu

Minus yang terdapat dalam Visio

  1. Proses Instalasi tidak terlalu mudah
  2. Tutorial pemakaian visio yang tersebar di internet masih sedikit
  3. Anda harus merogoh kocek untuk mendapatkan aplikasi yang satu ini.

Front Page

Perangkat Office FrontPage lebih sering dipakai untuk editing html yang berkaitan dengan web. Admin atau juga programmer dibelakang sebuah web bisa dengan mudah melakukan editing sebuah situs, sekalipun situs tersebut sudah online. Re-design sebuah web terkadang membuat web tsb susah diakses atau malah down sesaat dan yang lebih sering terjadi adalah tampilan web yang berantakan saat lagi di edit. Dengan Microsoft Front Page, sekalipun anda melakukan editing html, kode itu tidak akan terlihat oleh pengunjung web anda. Dan anda sebagai editor atau admin web itu dapat melihat hasil editan di webnya via web browser yang anda gunakan.

Adanya template web yang bersifat automatic tentu akan memudahkan webmaster dalam mengelola tampilan web yang akan dan sedang di edit. Anda bisa dengan mudah memunculkan navigasi animasi dan juga merancang sebuah page di bagian tertentu diwebsite anda.

Keunggulan

  1. Anda akan dengan mudah melihat struktur data yang ada diweb dan kemudahan dalam merancang sebuah halaman web menjadi nilai plus tersendiri.
  2. Sistem editorial untuk gambar begitu sangat terintegrasi.
  3. Adanya tools yang secara umum dapat memudahkan segala proses yang diperlukan.
  4. Front page terintegrasi dengan tools office yang lainnya, jadi jika diperlukan, anda bisa memanfaatkan sumber daya tersebut.

Ms.Acces

Ms. Access lebih cenderung berfungsi untuk mengolah basis data. Database ini yang nanti akan digunakan sebagai input dan kemudian diolah hingga akhirnya berupa informasi.

Diantara Fungsi Umum dari Microsoft Access

  1. Membuat suatu sistem, termasuk manipulasi data.
  2. Membuat software jumlah peserta didik (dalam dunia pendidikan)
  3. Untuk pembuatan database
  4. Membuat aplikasi absensi
  5. DLL

Beberapa Manfaat Ms.Access

Ms. Access sangat membantu dalam pembuatan program-program penting berbasis aplikasi yang sifatnya sangat dinamis. Untuk pemula mungkin membutuhkan waktu dan perlu belajar step by step agar benar-benar paham dengan aplikasi yang satu ini. Bagi yang expert tentu sangat memudahkannya dalam mengeksekusi runut kerja yang sudah direncanakan. Dengan adanya Microsoft Office Access, akan sangat membantu programmer dan para ahli lainnya untuk menciptakan atau mengolah sebuah basis data untuk kepentingan tertentu.

Keunggulan Ms.Access

Salah satu yang bisa kita lihat dengan langsung yaitu dari segi interface yang mudah sekali untuk menjalankannya.

Minus Ms. Access

Memang aplikasi ini sangat memudahkan dan pekerjaan yang seharusnya berat bisa menjadi mudah dengan memakai Ms. Access, namun salah satu yang menjadi nilai minusnya adalah Program Office yang satu ini tidaklah GRATIS. Anda harus merogoh kocek kembali jika ingin mendapatkannya.

One Note

Ms. OneNote sekilas tidak berbeda jauh dengan ms.word, yaitu bisa memasukkan tulisan, membuat gambar, insert obyek tertentu, melukis, memasukkan komendan lain sebagainya. Hanya saja bedanya di One Note kamu bisa lebih fleksibel dalam meletakkan tiap-tiap elemen dimanapun tempat yang kamu inginkan.

Beberapa Fungsi Ms. OneNote

  1. Membuat ide lalu menuliskannya di OneNote
  2. Membuat To Do List yang bisa di eksekusi sesuai rencana
  3. Membuat kerangka rencana kerja

Dari sembilan varian Microsoft office yang telah kami paparkan diatas, tentu tidak semuanya akan anda pakai saat anda bekerja. Mungkin ada 2 atau 3 yang biasa anda gunakan dalam kesehariannya. Untuk pekerja profesional, membeli lisensi resmi dari Microsoft ltd adalah sebuah langkah yang bijak. Tak elok rasanya jika memakai sesuatu yang sifatnya I-L-E-G-A-L.

Dalam dunia pendidikan, mungkin pengetahuan diatas akan menjadi tambahan wawasan dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan terutama dalam hal ilmu teknologi. Perkembangan dunia teknologi sangatlah pesat. Kita sedikit saja tidak update ilmu, bisa jadi akan tertinggal jauh.

Microsoft corporate sendiri adalah sebuah perusahaan raksasa yang telah bertahan puluhan tahun dan hingga kini tetap berinovasi dengan banyaknya kreasi, cipta dan karya yang biasa kita nikmati dalam kehidupan sehari-hari. Entah disadari atau tidak, kita adalah konsumen mereka. Nyaris mungkin diatas 60% pengguna komputer (PC) atau laptop di Indonesia memakai Microsoft Windows sebagai sistem operasi di perangkat yang mereka gunakan. Meskipun harus diakui bahwa pengguna windows Genuine masih sangat sedikit.

Artikel kami sebelumnya yang membahas tentang cara mematikan update windows 10 juga bisa anda temukan dengan langsung klik saja linknya. Bahasan lengkap tentang Windows dan segala yang terkait didalamnya akan senantiasa kami ulas dengan lengkap, cepat dan akurat.

Akhirnya kita telah sampai diujung. Tulisan tentang Jenis, Fungsi dan macam-macam microsoft offfice telah sampai dibagian akhir. Semoga anda mendapat manfaat.

Leave a Reply