Kabel Crossover & Straight √Susunan Warna, Pengertian, Fungsi

img_5faa029b8456b-7989476

Kabel Cross dan Straight

Halo sobat, akhirnya kembali admin DemiNasi.COM merilis artikel selanjutnya di blog tersayang ini. Kali ini kami akan mengupas perihal Kabel Crossover dan kabel straight. Kabel Crossover atau yang lazimnya juga disebut dengan kabel cross terdapat beberapa hal yang berbeda jika kita bandingkan dengan kabel straight.

Letak paling signifikan yang nampak dari perbedaan diantara keduanya yaitu dari segi komposisi warna. Ulasan tentang kabel crossover dan straight ini kami susun berdasarkan kebutuhan pembaca yang memang nampak membutuhkan sekali tentang pemahaman lebih jauh akan hal ini. Kami sangat paham dengan kondisi tersebut sehingga dengan senang hati akan kami bahas secara lebih mendalam dan tentu saja dengan beberapa panduan yang mungkin bisa melengkapi khasanah pengetahuan sobat sekalian.

Pengertian

img_5faa029ba0946-7811190

Pengertian Kabel Straight

Dilihat dari kegunaannya, kabel straight adalah suatu kabel yang berjenis tembaga dipakai dalam area lokal sebuah jaringan, dengan kedua ujung yang memiliki “pinout” sama.

Pengertian Kabel Crossover

Kabel Cross adalah sebuah kabel yang terbuat dari tembaga, dan sama seperti straight cable, masih dipakai pada jaringan lokal area. Dari tampilan fisik, cable cross persis sama dengan straight cable, namun saat membeli, biasanya dikasih label yang jelas pada kemasan pembungkusnya.

Fungsi

Fungsi Kabel Cross (Crossover)

img_5faa029bbec63-2598965

Fungsi dari kabel cross sendiri sebagai penghubung. Maksud penghubung disini sebagai jalur penghubung antar 2 perangkat yang sama. Contoh, sebagai penghubung computer ke computer, bisa juga penghubung antar 2 switch dan sebagainya.

Fungsi Kabel Straight

img_5faa029bce5bb-7981574

Fungsi kabel straight berbeda jika dibandingkan dengan kabel cross. Kabel straight tugasnya penghubung antar 2 perangkat yang beda. 2 perangkat yang berbeda itu misalnya Router dan komputer, nah kabel straight-lah yang menghubungkan kedua perangkat tersebut. Jadi ada semacam silang perangkat, misal yang lainnya yaitu computer serta router, akan dihubungkan dengan kabel ini.

Pola Susun Kabel

Kabel Straight

Untuk anda ketahui, pola susunan kabel straight kita definisikan atau lebih tepatnya di identifikasi berdasarkan warna dari masing-masing kabel yang ada. Yang paling harus digaris bawahi adalah, baik itu dibagian ujung maupun dibagian pangkal kabel, pola warnanya sama. Silahkan lihat gambar screenshot dibawah ini:
img_5faa029be63b9-9445045

Pola warna sama dikedua sisi

Kabel Cross

Pola berbeda akan ditemukan pada kabel crossover, jika pada kabel straight tidak ada perbedaan warna pada kedua sisi kabelnya, di crossover sendiri akan ditemukan 2 ujung yang berlainan. Di sisi ujung bagian pertama, akan nampak warna persis sama dengan yang terdapat pada straight cable. Namun diujung yang satunya, warna cross cable ini akan nampak berlainan dengan warna di ujung pertama. Lihat gambar untuk detail lebih lanjut.
img_5faa029c10040-8363373

Pola warna berbeda dikedua sisi

Pembahasan ini telah nampak pada bab akhir dari rangkaian kalimat yang telah tumpah tertuang sempurna di blog DemiNasi.COM. Bahasan sebelumnya tentang jenis dan macam perangkat keras komputer mungkin juga akan menarik minat anda untuk mengetahuinya lebih jauh.

Sebagai blog yang konsen membahas teknologi micro maupun makro, kami sangat berharap ada feedback dari pembaca yang bisa membuat kami makin bersemangat untuk menulis artikel yang berdaya penuh guna. Setidaknya inilah yang akan membuat kami sumringah dalam sedikit tawa yang renyah.

Bab kabel crossover dan juga straight kabel, yang juga dilengkapi dengan pengertian, fungsi maupun susunan warna kabelnya telah kelar sampai disini. Sayonara!

Leave a Reply