Fitur dan Fungsi Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran (2023)

img_5faa030c4de80-6632441

fitur fungsi perangkat lunak aplikasi perkantoran
Artikel bertemakan fitur dan fungsi perangkat lunak aplikasi perkantoran materi simulasi digital dalam studi pembelajaran akan dikupas mendalam.

Semuanya akan di jelaskan dan dirangkum dengan sangat lengkap.

Perangkat lunak bahasa lainnya adalah software. Perangkat lunak perkantoran ini ada beberapa yang sangat populer dalam penggunaannya sehari-hari. Diantara perangkat lunak yang paling sering digunakan dan keberadaannya sudah tersohor yaitu Microsoft Office. Mau tidak mau Ms.Office masih menjadi perangkat lunak yang paling masyhur hingga saat ini. Adapun yang lainnya yaitu Open office, K-Office, Google doc dan lainnya.

Fitur dan fungsi

Dari segi fitur dan fungsi memang sangatlah variatif namun setidaknya akan ada kesamaan yang mutlak meskipun nama dan jenis software officenya beda. Diantaranya adalah fitur untuk memudahkan segala kebutuhan yang berkaitan dengan data dan pengolahannya.

Fitur dan fungsi perangkat lunak aplikasi perkantoran:

img_5faa030c66e3f-4108171

Diatas adalah fitur dan fungsi perangkat lunak yang umumnya ada dan senantiasa digunakan. Bahasan lanjutannya sebagai berikut.
img_5faa030c71ec0-3176144

3 Pilar Utama Software Perkantoran

Ada setidaknya 3 pilar yang paling utama dalam software perkantoran yaitu:

1. Word Processor


img_5faa030c8182a-6817360

Word processor sendiri sebagai pengolah kata memang memiliki peran utama yang tidak tergantikan dalam perangkat office (perkantoran). Sebagai salah satu pilar dalam aplikasi perkantoran, Word Processor yang kita jumpai secara umum memang banyak jenisnya, mulai dari yang populer seperti Ms.Word sampai yang jarang sekali kita dengar seperti iA Writer.

Untuk info terkait Word Processor secara lengkap telah kami ulas sebelumnya pada artikel ini: 43 Aplikasi Perangkat Lunak Pengolah Kata (Word Processor).

2. Spreadsheet
img_5faa030c9181b-9236202

Spreadsheet sebagai salah satu aplikasi perkantoran yang cukup penting, memiliki banyak alternatif pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebutlah yang populer diantaranya Microsoft Excel, banyak fitur yang tersemat didalamnya. Memang aplikasi ini berbayar, dan bagi yang ingin mendapatkan versi free bisa mencoba aplikasi yang sifatnya Open Source seperti Open Office Calc, fungsi dan fiturnya tak kalah hebat dari aplikasi sekelas Ms.Office.

3. Presentasi
img_5faa030c9dea8-2927524

Selayaknya sebuah presentasi yang sering kita temukan. Slideshow yang menarik akan membuat penyajian presentasi jadi semakin baik. Pembuatan presentasi ini memang harus memakai aplikasi yang mumpuni agar hasil yang dibuat benar-benar sesuai dengan yang di inginkan dan terlihat professional. Contoh aplikasi untuk membuat presentasi yaitu Power Point (gratis) dan KeyNote (berbayar).

Akhirnya tuntas pembahasan hari ini tentang Fitur dan Fungsi Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran. Kalau dilihat dari banyaknya aplikasi perkantoran yang ada, akan bisa disimpulkan bahwa tiga fungsi yang tidak bisa dipisahkan berupa fitur dan fungsi untuk pembuatan presentasi, pembuatan spreadsheet dan yang terakhir yaitu adanya aplikasi berupa pengolah kata.

Leave a Reply