6 Cara Uninstal Aplikasi di Laptop Windows 10 (Update 2023)

Cara uninstal atau menghapus aplikasi di laptop Windows 10 langkahnya memiliki step yang tidaklah susah. Mungkin ada banyak penyebab sehingga anda pada akhirnya harus dan terpaksa mencopot sebuah aplikasi yang sudah tersemat dalam PC anda. Anda juga mungkin merasa bahwa aplikasi tersebut sudah tidak layak berada dalam laptop kesayangan dan harus segera disingkirkan, bisa pula karena anda menemukan aplikasi sejenis yang lebih baik dari aplikasi tersebut.

Aplikasi Unfaedah Lebih Baik di Delete

Alih-alih membiarkan aplikasi “unfaedah”, lebih baik men-deletenya dan efeknya akan memberi ruang yang lebih longgar pada disk. Dan hitung-hitung juga meringkan kerja laptop anda. Sebelum anda menyingkirkan dengan seksama aplikasi yang tidak dibutuhkan, mungkin anda juga tertarik untuk membaca ulasan tentang: Aplikasi perangkat lunak pengolah kata berikut ini.

Setidaknya ada 6 cara uninstal aplikasi di laptop Windows 10:

  1. Via Start Menu (Memanfaatkan sumber daya internal Windows)
  2. Via Settings (Memanfaatkan sumber daya internal Windows)
  3. Via control Panel (Memanfaatkan sumber daya internal Windows)
  4. Via Revo Uninstaller (Third Party)
  5. Via IObit Uninstaller (Third Party)
  6. Via Ashampoo UnInstaller (Third Party)

Sebagai info pertengahan, pada Windows 10 sebenarnya telah ada pilihan untuk melakukan uninstaller via Start Menu dan juga via layar di Pengaturan. Anda juga bisa uninstal aplikasi dengan masuk via CPanel dilaptop anda. Dalam tulisan ini, kami merekomendasikan beberapa cara yang bisa anda terapkan dengan mudah dan sudah terbukti mampu men-delete aplikasi yang dimaksud dengan “perfect”.

Dalam beberapa temuan yang sering kali ada saat selesai melakukan penghapusan aplikasi, terkadang ada sisa-sisa folder atau file tertentu dari aplikasi yang telah di uninstal, ternyata masih menempel di laptop. Dengan bahasa lainnya, aplikasi yang di uninstal itu belum benar-benar clear. Nah disinilah mungkin yang perlu menjadi pertimbangan anda, mau uninstal via internal windows atau mau menggunakan aplikasi eksternal yang didownload terlebih dahulu.

Pilihan ini tentu kami kembalikan pada anda semuanya, karena anda berhak menentukan pilihan akhir. Dan apapun tujuan anda untuk men-delete suatu aplikasi tertentu pada laptop anda, setidaknya anda bisa menerapkan salah satu cara dari 6 cara yang telah kami himpun dibawah ini:

Uninstal Via Start Menu

Langkah awal ini memanfaatkan teknik via Start Menu Windows 10. Adapun cara ini bisa anda lakukan tanpa harus mendownload program lain. Cara yang satu ini digolongkan pada salah satu cara paling “Easy”. Hanya beberapa step saja anda sudah mampu membabat habis aplikasi yang mau dicopot.

Catatan: Langkah dibawah ini tidak perlu anda lakukan jika program/aplikasi yang mau di uninstal sudah tersemat di tile menu start anda. Karena anda hanya perlu lakukan Right Click pada aplikasi yang mau dihapus, lalu pilih opsi uninstal. Otomatis windows akan mengeksekusi app tersebut.

Namun jika nama aplikasinya tidak terlihat di menu start, silahkan ikuti langkah dibawah ini:

  • Langsung buka Start Menu. Bisa lewat desktop atau juga memakai keyboard dengan memencet lambang windows.
  • Masuk ke bagian setting (pengaturan).
  • Setelah muncul menu setting lalu anda temukan bagian System dan click saja.
  • Dibagian panel sebelah kiri silahkan pilih opsi Apps & features.

  • Nanti akan muncul semua nama aplikasi di laptop anda, silahkan pilih yang mau di uninstal.
  • Setelah itu barulah pencet button bertuliskan uninstal
  • Nanti akan muncul jendela pop-up, pencet saja langsung Uninstal sebagai tanda konfirmasi.

Uninstal Aplikasi Via Settings

Langkah uninstal yang satu ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan langkah pertama. Intinya anda tetap harus menemukan folder Apps & features, kemudian barulah disana anda bisa melakukan eksekusi terhadap program yang akan ditendang dari laptop anda. Tutorial lengkapnya cek langsung:

  1. Buka Settings, cara membukanya bisa memakai jalan pintas di keyboard dengan pencet bersamaan Windows + i atau melalui Start Screen. Cek Screenshot ini:
  2. Menu settings akan terbuka, Lalu pilih saja Apps

  3. Pilih nama program yang mau ditendang, dengan meng-kliknya.
  4. And then select Uninstall
  5. Good. Kelar sampai sini.

Uninstal Via Cpanel

Agaknya tutorial yang ini menjadi alternatif paling ujung yang bisa anda coba. Sebab sebagian program ada yang tidak bisa dihapus memakai cara ini. Namun aplikasi berbasis win32 masih dengan mudah bisa dicopot via cpanel.

Catatan: Saat artikel ini di rilis, windows 10 versi terupdate masih menyediakan opsi Control Panel tradisional, meskipun secara tatapan masa depannya, windows 10 teranyar telah menggunakan Modern Settings yang sangat Powerful fungsinya dibanding control panel.

Berikut langkahnya:
  1. Masuk ke CPanel. Via keyboard, anda bisa tekan tombol Win + X

    cara-mengatur-kecerahan-layar-komputer-windows-6814792
  2. Lalu diantara banyaknya pilihan tersedia, klik Control Panel

  3. Selanjutnya jendela baru terbuka, klik tautan “Uninstall a program” yang letaknya di bawah Program.
  4. Kemudian anda akan dibawa ke-jendela baru, klik program yang mau di uninstal
  5. Dan konfirm dengan mengklik kembali tulisan Uninstal.

Uninstal Memakai Piranti Lunak Tambahan

Menghapus aplikasi menggunakan program bawaan Windows mungkin akan menjadi problem solving anda, namun bisa jadi penghapusan itu tidaklah bersih seperti yang kita kira. Beberapa aplikasi terkadang banyak runtutan file yang sering kali memenuhi sistem di laptop anda, bisa pula file turunan dari aplikasi tadi terdapat pada lokasi yang tidak terlalu jelas letaknya dan terkadang bahkan akan memenuhi registry yang tidak bisa terlihat oleh anda.

Menghapus program memakai sumber daya dari Windows itu sendiri terkadang tidak serta merta menghapus semua file dan banyak pengaturan yang tersisa ini tidak benar-benar ikut ter-delete. Sekiranya Anda ingin menjaga agar Windows lebih bersih dari sisa-sisa file yang telah dihapus, uninstaller pihak ketiga mungkin akan menjadi sebuah solusi yang tepat.

Sekarang, saatnya kita mulai mencobaa beberapa aplikasi yang mengkhususkan diri dalam mencopot aplikasi dengan benar-benar bersih tanpa meninggalkan sisa-sisa file tersembunyi.

Revo Uninstaller

Secara fungsi, Revo Uninstaller sangatlah pwoerful. Program ini dapat dengan mudah menghapus aplikasi hingga tak ada sisa file yang akan tertinggal. Revo uninstaller benar-benar bersih dalam men-delete sebuah program.

  • Pada versi FREE-nya, anda bisa mencoba fitur dasar. Meskipun dasar, namun jika hanya sekedar ingin mencopot aplikasi sampai bersih, anda cukup memakai versi FREE saja.
  • Untuk mendapat versi pro anda harus merogoh kantong sejumlah hampir 25 dollar. Pada versi ini, kemampuannya meningkat. Anda bahkan bisa menghapus ekstensi yang tersemat pada browser (entah itu mozilla firefox, chrome dll). Dan juga membabat habis sisa-sisa file dari program yang sudah dicopot pada waktu terdahulu.
  • Ada juga versi Pro Porable dengan harga nyaris menyentuh 30 dollar. Sifatnya yang portabel bisa dipasang di sejumlah laptop dan juga di taroh di Flashdisk.

Cara memakai:

  1. Unduh dahulu, https://www.revouninstaller.com/
  2. Instal aplikasinya dilaptop
  3. Buka/Jalankan aplikasinya.
  4. Double Click nama aplikasi yang mau dihapus
  5. Dan pilih Uninstal

IObit Uninstaller

IObit Uninstaller merupakan aplikasi lain yang fungsinya sama dengan REVO Uninstaller. Untuk versi FREE-nya fitur standard yang tersemat cukup mumpuni menghapus program yang diinginkan. Kemampuannya memindai fragmen sisa dari program yang dihapus, juga merupakan fitur yng patut diperhitungkan.

Untuk yang versi pro, fitur unggulan akan lebih banyak ditemukan. Harga pertahun hampir menyentuh angka 20 dollar untuk 3 perangkat laptop/komputer.

Pada interface yang disajikan dari aplikasi ini, anda bisa melihat banyak opsi penting, semisal melihat program yang banyak memakan ruang disk, program yang jarang terpakai, dan mampu mencopot program yang sangat sulit dihapus.

Cara Memakai:

  1. Download terlebih dahulu disini : https://www.iobit.com/en/advanceduninstaller.php
  2. Instal seperti biasa aplikasinya
  3. Setelah itu buka IObit
  4. Pilih program yang mau dicopot
  5. Pencet tombol uninstal. Selesai.

Ashampoo UnInstaller

Aplikasi yang satu ini dipatok harga 21 dollar. Bisa digunakan pada windows 10, 8 dan win 7. Ashampoo UnInstaller sendiri dapat menghapus program dengan sangat CLEAN tanpa menyisakan file turunan yang terkait.

Pada tampilan layar utama, Anda tak hanya dapat melihat semua program di laptop tapi juga mendapatkan notif pada aplikasi yang terdapat versi pembaruannya.

Cara Memakai:

  1. Download segera https://www.ashampoo.com/en/usd/pin/2003/system-software/uninstaller-8
  2. Instal Ashampoo UnInstaller
  3. Buka aplikasi itu
  4. Silahkan pilih program yang akan di delete
  5. Pencet button Uninstal
  6. Beres.

Note:
Kami tidak berafiliasi dengan ketiga software uninstaller tersebut. Penyalahgunaan aplikasi baik oleh pengembang atau oleh user, diluar tanggungjawab kami.

Rekomendasi kami:

  • Memakai Start Menu lebih kami rekomendasikan jika ingin mencopot aplikasi tanpa software pihak ketiga.
  • Namun jika ingin mencopot sebuah program hingga benar-benar bersih sampai ke akar-akarnya, kami merekomendasikan 3 aplikasi diatas. Kami sendiri selaku admin DemiNasi.COM pernah mencoba REVO Uninstaller, dan belum mencoba 2 aplikasi lainnya. Namun bukan berarti mereka buruk. Silahkan dipilih sesuai kebutuhan masing-masing.

Demikian ulasan hari ini berkaitan cara cepat dan mudah uninstal aplikasi di laptop windows 10 dengan aman dan nyaman tanpa harus bersusah payah menerapkan langkah yang mengkhawatirkan.

Leave a Reply