2023√ Cara Mengatasi Laptop Lemot Pada Windows 10 8 7

cara-mengatasi-laptop-lemot-5236544

Artikel ini diperuntukkan bagi anda yang sedang mencari solusi terbaik cara mengatasi laptop lemot pada sistem operasi windows 10, windows 8 atau 7. Apapun merk laptop anda, entah itu keluaran terbaru dari Acer, Dell, Axioo, Toshiba, Gigabyte atau merek lainnya, anda bisa mengarahkan dimensi pandangan anda ke artikel ini.

Laptop Lemot Adalah Masalah

Setidaknya saat ini penggunaan laptop sebagai penunjang pekerjaan menjadi sebuah keniscayaan. Kinerja laptop yang mumpuni menjadi sebuah kewajiban bagi mereka yang sehari-harinya bekerja melototin layar dekstop. Kinerja laptop yang lemot alias lelet tentu saja merupakan “neraka” tersendiri yang wajib untuk dituntaskan dengan cepat.

Bukan cuma sebagai penunjang kerja, belakangan ini keberadaan laptop juga menjadi sarana penting dalam menunjang sistem pembelajaran (entah itu bagi mahasiswa maupun pelajar).

Dibandingkan komputer, laptop memang lebih praktis dan lebih banyak digunakan. Selain itu, sifatnya yang fleksibel, membuat laptop menjadi pilihan primadona dikalangan pekerja maupun dunia pendidikan.

Beberapa Langkah Terbaik Atasi Lemot Pada Laptop:

  • Memakai aplikasi
  • Memakai Sumber Daya Bawaan Laptop
  • Menambahkan Hardware Eksternal
  • Melakukan peremajaan OS
  • Memaksimalkan Kerja RAM

Meskipun sekarang ini keberadaan smartphone atau handphone sedang booming-boomingnya, namun fungsi dari laptop tetap tidak bisa digantikan. Banyak hal yang tidak bisa dikerjakan hanya dengan memakai smartphone saja, semisal edit video yang memiliki rentang durasi panjang, atau saat anda akan membuat artikel yang panjang.

Secara faktualnya, kinerja laptop memang bisa menjadi LEMOT. Buat teman-teman yang kesehariannya tidak bisa jauh dari laptop, tentu saja akan merasa terganggu ketika mengalami penyakit “lemot” berkepanjangan. Tingkat gangguan kelemotan yang terjadi pada setiap laptop sangat berbeda-beda. Ada yang lemotnya sudah “akut parah”, ada yang masih dalam keadaan sedang dan juga ada yang masih dalam taraf kewajaran.

Penyebab Laptop Lemot, Melempem, Tidak Bertenaga

Sebelum masuk ke cara mengatasinya, kita harus bisa mendiagnosa terlebih dahulu sumber dari masalah yang menyebabkan Laptop menjadi Lemot. Beberapa penyebab umum yang sering menjadi biang masalah diantaranya:

Membuka Aplikasi Dalam Jumlah Banyak

Ini termasuk salah satu problem umum yang sering dijumpai. Setiap aplikasi yang sedang berjalan tentu akan menambah beban RAM, apalagi jika dibuka dalam waktu bersamaan dengan kuantitas yang banyak. Beberapa aplikasi bahkan membutuhkan RAM yang mumpuni agar bisa berjalan dengan stabil, contohnya aplikasi edit video. Aplikasi yang berat tentu saja akan berefek pada sistem windows yang akan sedikit melambat.

RAM Bawaan Laptop Yang Kecil

Salah satu akar masalah klasik penyebab lemot pada perangkat laptop adalah keterbatasan RAM yang tertanam dalam bawaan laptop itu sendiri. Contoh simpel saja, laptop yang anda pakai memiliki RAM hanya 1 GB, sedangkan anda bekerja membutuhkan banyak aplikasi, atau membutuhkan hanya beberapa aplikasi saja tapi aplikasinya berat. Aplikasi berat disini maksudnya adalah aplikasi yang membutuhkan sumber daya RAM yang kuat seperti aplikasi Filmora untuk edit video. Untuk mengetahui kapasitas RAM sebuah laptop silahkan baca artikel ini: Cara Cek RAM Laptop Win 7, 8, 10 Dengan 1 Langkah Saja.

Membuka Browser Tab Terlalu Banyak

Anda tentu sudah paham, aplikasi browser seperti mozilla firefox dan google chrome sudah menjadi semacam fitur yang wajib ada dalam sebuah laptop. Katakanlah ketika anda hanya membuka 1 browser dan 1 tab saja, mungkin tidak akan berefek besar pada daya kerja laptop. Namun saat anda membuka browser chrome misalnya, dan anda membuka banyak situs secara bersamaan di beberapa tab (otomatis akan memberi banyak beban pada RAM di laptop).

Terinfeksi Virus/Malware/Trojan

Ini pun masuk dalam kategori klasik salah satu penyebab lemotnya sebuah laptop. Adanya virus bisa berdampak pada melambatnya sistem  operasi dan bukan itu saja, dalam beberapa kasus bahkan mampu menghancurkan sistem operasi kedalam fase terberat (harus instal ulang OS). Jadi selalu berhati-hati jika menerima file. Infeksi virus bisa lewat download online maupun terima file via offline.

Antivirus Yang Tersemat di Laptop Bekerja Terlalu Aktif

Keberadaan antivirus memang sangat membantu untuk menangkal atau membasmi virus yang menginfeksi sistem yang ada dilaptop. Antivirus yang bekerja dilatar belakang dengan sangat aktif secara terus menerus, juga akan menimbulkan efek melambatnya sistem kerja laptop. Aplikasi melawan virus ini jangan dihapus, karena fungsinya sangat dibutuhkan. Sebaiknya jangan biarkan antivirus bekerja secara terus menerus di latar belakang. Tapi buatlah schedule pada jam atau hari tertentu untuk scanning system sebagai bentuk pencegahan “kontra virus”. Hal ini bisa mengurangi beban kerja RAM.

Startup Programs Terlalu Banyak

Maksudnya apa? Ketika anda menyalakan laptop, tentu ada beberapa aplikasi yang biasanya langsung berjalan dilatar belakang secara otomatis. Nah hal tersebut lah yang menjadi pemicu laptop lemot, jika aplikasi yang berjalan otomatis ini terlalu banyak jumlahnya. Segera nonaktifkan proses otomatisasi beberapa aplikasi yang tidak penting.

Riwayat Harddisk yang Sudah Veteran

Selalu dan memang begitulah faktanya, ketika sebuah benda elektronik yang usianya sudah cukup tua, tentu akan secara berangsur-angsur mengalami penurunan kinerja. Harddisk anda mungkin sudah lelah. Dan minta untuk di istirahatkan (ganti baru).

Kapasitas Harddisk Sudah Terlalu Penuh

Cek berapa kapasitas HDD yang masih tersisa dilaptopmu. Jangan-jangan laptopmu lemot karena Harddisk sudah penuh. Kalau sudah diatas 90%, sudah tidak mengherankan lagi jika kinerja laptopmu tidak bisa cepat.

Terlalu Banyak Add-ons

Kamu pengguna Mozilla Firefox atau Google Chrome saat berselancar di internet? Coba cek di browser yang kamu pakai tersebut, berapa jumlah Add-ons yang kamu sematkan. Kebanyakan Add-ons yang tersemat akan berdampak pada performa laptop kesayanganmu.

Sistem Operasi Yang Hampir Basi

Bagi yang memakai OS (sistem operasi) entah itu Windows, MacOS atau lainnya, jangan sungkan untuk melakukan update OS ke versi terbarunya. Karena dalam beberapa kasus, kinerja laptop jadi lemot disebabkan OS yang dipakai pengguna sudah terlalu lama tidak di update ke versi yang diperbarui.

Masuk ke Penanggulangan > Cara Mengatasi Laptop Lemot

Solusi. Ini adalah bagian yang paling penting untuk anda ketahui. Mengatasi laptop lemot tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya. Seperti yang telah kami paparkan sebelumnya tentang beberapa faktor yang mengakibatkan kinerja laptop jadi lemot, tentu anda bisa menganalisa, bagian mana yang menjadi sumber kekacauan pada laptop anda. Dibawah ini hal yang mungkin bisa anda coba untuk mengatasi problem tersebut.

Hindari Membuka Aplikasi Secara Berlebihan

atasi-laptop-lemot-2530792
Setiap kali anda membuka sebuah aplikasi, secara otomatis RAM di laptop akan membaginya untuk aplikasi tersebut agar bisa berjalan. Semakin banyak aplikasi yang dibuka, RAM akan lebih ekstra terbagi lagi. Kami sangat menyarankan agar anda mempermudah kinerja RAM dengan tidak membuka aplikasi secara massive. Buka aplikasi yang benar-benar anda butuhkan saja.

Coba Menambah Kapasitas RAM

cara-mengatasi-laptop-lemot-windows-dengan-mudah-1135856
Dalam beberapa kejadian, menambah RAM merupakan cara yang efektif atasi lemot pada laptop. Sebelum memutuskan untuk menambah RAM, yang perlu mendapat atensi dari anda adalah spek RAM yang pada laptop itu sendiri. Alternatif lainnya anda bisa juga mencoba RAM eksternal yang banyak dijual dipasaran. Harganya variatif.

Mencomot Aplikasi yang Mubazir

cara-mengatasi-laptop-lemot-dengan-cepat-2130244

Kadang kala memang banyak sekali aplikasi yang tertancap dalam sebuah laptop. Padahal aplikasi tersebut tak jarang yang terasa mubazir saja alias tidak digunakan. Dan hanya memenuhi memori HDD laptop saja. Sudah terlalu banyaknya aplikasi apalagi jika aplikasi tersebut ukurannya besar, sudah dipastikan akan membuat penuh folder C di laptop anda. Efeknya apa? Efeknya akan membuat sistem membutuhkan waktu lebih lama ketika membaca HDD (harddisk).

Pandai-pandailah untuk melakukan seleksi. Pilih mana aplikasi yang wajib anda pertahankan dan mana aplikasi yang bisa dibuang keberadaannya.

Memakai Software Antivirus/Anti Malware

cara-mengatasi-laptop-lemot-windows-8-min-5181751
Entah itu virus atau malware, semuanya akan berefek negatif pada laptop yang anda miliki. Salah satu efek buruk pada laptop adalah sistem kerja yang menjadi lemot. Untuk itu hendaklah segera diatasi dengan antivirus terbaik. Perlu di ingat, pilihlah antivirus yang kredibel, dan jangan menginstal antivirus dalam jumlah banyak. Cukup 1 atau 2 saja untuk memerangi virus atau malware yang membandel.

Instal Aplikasi Sesuai Spek Laptop

cara-mengatasi-laptop-lemot-min-min-3964918
Anda mungkin tidak menyadari bahwa spek laptop itu berbeda-beda. Kapasitas Harddisk maupun RAM yang terbenam dalam tiap-tiap laptop memiliki ukuran yang variatif. Jangan menginstal aplikasi yang berat jika spek laptop anda ternyata pas-pasan. Bijaklah dalam memahami keadaan laptop anda sendiri. Laptop anda akan lemot jikalau size aplikasinya tidak berimbang dengan RAM bawaan laptop anda.

Bersihkan Folder C

cara-mengatasi-laptop-lemot-min-8778127
Drive C memang sarangnya program. Mulai dari program atau aplikasi yang ringan sampai yang berat, semuanya ada disana. Pembersihan drive C memang sesekali perlu dilakukan terutama jika laptop anda sudah lumayan berumur (lebih dari 3 th).

Bersih-Bersih Desktop

cara-mengatasi-laptop-lemot-windows-7-5757040
Coba perhatikan tampilan desktop anda dengan seksama, apakah shortcutnya sudah cukup membludak? Sudah kebanyakan aplikasi di desktop juga akan mempengaruhi laptop anda. Cobalah mengurangi aplikasi di desktop anda, dengan begitu akan memberi ruang yang lebih banyak pada desktop anda.

Pastikan juga tidak ada aplikasi yang bekerja dilatar belakang, karena jika kebanyakan aplikasi yang bekerja dilatar belakang, akan membuat RAM bekerja ekstra dan makin terkuras.

Memanfaatkan Thermal Paste

cara-mengatasi-laptop-lemot-min-min-min-4561956
Prosesor laptop anda sudah disetting dari pabrikannya agar tidak cepat panas dan bisa menahan kondisi panas dalam keadaan yang lama. Namun tentu saja, terkadang prosesor itu sendiri performanya mengalami penurunan seiring berjalannya waktu. Anda bisa memakai Thermal Paste yang berfungsi sebagai pendingin. Dengan harapan, stabilnya suhu prosesor akan berdampak pada stabilnya performa laptop.

Cooling Pad Sebagai Pendingin Laptop

cara-mengatasi-laptop-lemot-min-min-min-min-9379497
Fungsinya nyaris tidak ada beda dengan Thermal Paste yaitu bertugas menghilangkan panas secara berlebihan. Cooling pad sendiri memang memiliki beberapa tipe yang bisa disesuaikan dengan laptop anda. Harga Cooling pad inipun variatif, mulai dari harga 100rb-an sampai 500rb-an.

Melakukan Penggantian Memory HDD dengan SSD

begini-cara-mengatasi-laptop-lemot-9264853
Harddisk (HDD) sejatinya adalah legenda tempat penyimpanan data yang memang sudah berumur. Dari segi kapasitas, HDD sebenarnya jauh mengungguli SSD. Namun dari sisi kecepatan, SSD jauh mengungguli HDD. So, pertimbangkanlah dua hal ini sebelum beralih dari HDD ke SSD. Memakai SSD tentu saja akan mempercepat laptop, namun dari segi harga, memang agak lebih mahal.

Memakai Aplikasi Pemacu Kinerja Laptop

cara-mengatasi-laptop-lemot-2020-9453358
Banyak ulasan mengenai beberapa aplikasi yang sifatnya menjadi pembersih laptop, entah itu bagian RAM atau pembersih bagian lainnya. Sebut saja misalnya CCleaner, aplikasi ini cukup terkenal dalam membersihkan file sampah. Aplikasi lainnya yaitu Razer Game Booster, aplikasi ini cocok bagi gamer. Ada pula IObit Advanced SystemCare, berupa aplikasi yang fungsinya sebagai pembersih entri registry, file sampah atau juga file berbahaya. Sebut juga aplikasi bernama Advanced System Optimizer, aplikasi ini digadang-gadang mampu memperbaiki registry dan juga berfungsi mengoptimalkan daftar startup program.

 Memanfaatkan Disk Defragment Tools

Ini semacam tools tersembunyi yang merupakan aplikasi default dari OS Windows. Anda bisa memaksimalkan tools yang satu ini untuk mengatasi laptop lemot agar makin cepat. Cara memakai tools ini anda cukup masukkkan perintah berikut:

  1. Tekan tombol Windows + R di keyboard anda
    mengatasi-laptop-lemot-agar-makin-cepat-2545308
  2. Lalu masukkan command berikut ini dfrgui

    cara-mengatasi-laptop-lemot-windows-7874580
  3. Hasilnya bisa lihat SS dibawah ini

    mengatasi-laptop-lemot-windows-10-1198436

Melakukan Instal Ulang Pada Windows yang Anda Gunakan

cara-mengatasi-laptop-lemot-2020-terbaru-5091355
Ini biasanya termasuk langkah terakhir yang diambil. Untuk mengatasi kinerja laptop yang makin lemot, banyak yang telah diusahakan. Namun terkadang belum ketemu solusi terbaiknya. Satu-satunya langkah terakhir yang bisa diambil adalah Instal ulang windows yang anda gunakan. Ini adalah langkah terakhir ya, jika memang anda sudah menemui jalan buntu untuk mengembalikan performa laptop anda. Jika windows anda adalah windows 10, anda bisa baca disini: Cara Instal Windows 10.

Demikian ulasan kami yang berkaitan dengan cara mengatasi laptop lemot secara tepat, cepat dan akurat untuk sistem operasi windows 7, 8 atau windows 10. Semoga membawa banyak manfaat. Jangan lupa untuk menyimpan blog DemiNasi.com di bilah markah browser anda dengan cara tekan Ctrl + D di keyboard tuan dan puan sekalian.

Leave a Reply