Cara Memindahkan Foto Dari Hp ke Laptop Menggunakan Kabel USB

img_5faa030aa35f9-8832646

img_5faa030aa35f9-8832646
Ketika kita akan membahas cara memindahkan foto dari hp ke laptop menggunakan kabel usb dengan benar, tentu harus ada cara yang tidak terlalu ribet dan perhatikan juga beberapa unsur yang memang saling terkait diantara faktor pendukung.

Keberadaan kabel USB memang sangat penting belakangan ini. Secara memang ada beberapa kabel yang multifungsi dan setidaknya dalam jangka waktu terkini, ada kabel yang memiliki 2 fungsi, yaitu sebagai kabel charger dan juga bisa dipakai untuk transfer data.

Perlu di ingat, tidak semua kabel charger bisa digunakan atau difungsikan sebagai kabel data. Ada sebagian kabel charger yang fungsinya cuman untuk “ngecas” Ponsel saja, tidak bisa dipakai untuk transfer foto atau data lainnya. Namun sekarang ini juga sudah sangat banyak sekali kabel charger yang dwifungsi, bukan saja bisa untuk men-charge HP tapi juga bisa sebagai kabel data.

Cara Mudah Berkirim Foto Dari Hp Ke Laptop Memakai Kabel Data USB

Masuk ke inti pembahasan. Berkirim foto antar perangkat ini memang terkadang sangatlah penting. Dari sekian banyak cara untuk mentransfer data antar perangkat, salah satu yang masih lazim digunakan yaitu memakai kabel data. Perlu diketahui juga bahwa tidak semua kabel yang ada di charger Hp bisa dipakai sebagai Kabel Data USB. Dibawah ini simak stepnya.

  1. Persiapkan kabel data yang orisinal dan bagus
  2. Colokkan ke Handphone
  3. Kemudian ujung yang lainnya colokkan ke Laptop
  4. Lanjut dengan mengautorisasi sambungan (Confirm sambungan)
    img_5faa030b029cb-7574824
  5. Open windows explorer.
  6. Cari folder memori Hp, lalu open.
    img_5faa030b6b2c6-7737673
  7. Cari folder atau sub folder tempat foto disimpan.
  8. Silahkan select foto yang mau dipindahkan
  9. Silahkan copy fotonya
  10. Beralih ke folder laptop, masuk ke folder D atau folder lainnya dimana anda ingin menyimpan foto tsb
  11. Paste dengan meng-click Ctrl + V berbarengan.
  12. Proses pemindahan foto akan otomatis berlangsung
  13. Tunggu hingga proses transfer selesai.
  14. Setelah selesai, cabut kabel data.

Catatan: Cara membuka file/windows explorer

  • Untuk pengguna windows 7, ketik windows explorer dibar pencarian
    img_5faa030bb97f9-3283673
  • Untuk pengguna Windows 10, Pada keyboard laptop pencet Logo Windows + E

    img_5faa030c29c4b-4613536


Problem Umum Saat Memindahkan Foto ke Laptop

Adakalanya kita telah mencolokkan dan mengkoneksikan antara laptop dan Hp, tapi ternyata proses yang kita inginkan untuk memindahkan foto tidak dapat kita laksanakan. Benturan ini akan mengecewakan dan tentu akan mengesalkan sekali. Mau tidak mau kita harus mencari tahu langkah yang benar dalam menggunakan kabel USB untuk mentransfer foto. Masalah-masalah tersebut telah kami rangkum disini.

Baca juga: Cara Membuat Garis di Ms. Word

1. Aliran daya tersalur ke HP dari laptop, tapi memori HP tidak ada

Sering juga ditemui kasus seperti ini, dimana saat kabel sudah disambungkan diantara dua perangkat (laptop dan Hp) tapi ternyata posisi Hp malah seperti sedang di Cas. Dari segi sambungan berarti koneksinya sudah benar, dalam artian tidak ada eror pada kabel data yang dipakai. Sayangnya, yang ingin dicari yaitu folder memori Hp justru tidak kelihatan.

Pemecahan masalah:
Restart Hp, lalu coba sambungkan lagi. Jika memori Hp masih belum terdeteksi, coba ganti kabel data yang digunakan. Kemungkinan besar kabel yang digunakan berfungsi hanya untuk proses charging saja dan tidak bisa digunakan untuk transfer data.

2. Sudah konek, namun memori Hp tidak nampak di win explorer

Ada notif di bar laptop samping kanan bahwa ada perangkat baru yang masuk. Tapi saat dibuka win explorer, ternyata memori Hp masih belum nampak disana, sekalipun konfirmasi untuk menerima sambungan perangkat baru sudah diklik.

Pemecahan masalah:
Faktor ini biasanya dipengaruhi oleh perangkat Hp yang dipakai. Besar kemungkinan ada bug dari Hp yang digunakan. Cara mengatasinya dengan me-restart Hp yang dipakai. Setelah itu coba dikoneksikan kembali. Cara ini biasanya sangatlah ampuh. Semoga berhasil.

3. Transfer data rendah

Mungkin ini bukanlah disebut dengan problem atau masalah namun lebih kepada tingkat kecepatan dalam mengirim data. Berkirim data semisal foto, entah itu dari Hp ke Laptop dan juga sebaliknya dari laptop ke hp, saat memakai kabel data USB terkadang membutuhkan waktu yang lama. Tidak masalah jika ukuran file foto size-nya tidak besar, namun akan memakan waktu manakala ukuran file yang dikirim sangat besar, misal diatas 500MB.

Pemecahan masalah:
Pakailah kabel USB yang original, karena biasanya kualitas yang dimiliki sangat bagus, sehingga transmisi data bisa cepat. Memori Hp dan laptop juga kadang bisa mempengaruhi, makin besar memori (terutama RAM), kinerja laptop atau Hp makin cepat, dan berakibat transmisi data antar perangkat makin cepat.

Sedemikian untuk hari ini ulasan berupa cara memindahkan foto dari hp ke laptop menggunakan kabel usb. Beberapa langkah untuk mentransfer data entah yang berupa foto atau file tertentu, memang masih banyak yang memakai kabel data usb. Selagi kabel usb yang dipakai masih bagus, hal ini tidak akan menimbulkan banyak masalah. Dan juga hendaklah diperhatikan jumlah data yang mau dipindahkan. Jika masih puluhan MB ukuran fotonya, bisa dengan mudah ditransfer via kabel usb. Salam hangat, admin DemiNasi.COM.

Leave a Reply