Begini Cara Membersihkan Layar Laptop Cepat & Aman 100%


Cara membersihkan layar laptop mungkin bagi sebagian orang adalah perkara yang sangat gampang. Tinggal ambil lap basah lalu sapukan kebagian layar yang kotor. Mungkin bisa seperti itu! Jika anda beruntung, bisa jadi tidak akan ada yang rusak dengan apa yang anda lakukan. Namun kabar buruknya, bahwa tidak semudah itu untuk membersihkan bagian terpenting dalam sebuah perangkat bernama laptop. Bisa jadi anda sukses melakukannya untuk beberapa kali, namun sangat besar kemungkinannya akan terjadi masalah dikemudian hari. Sebab anda melakukannya dengan asal-asalan dan tanpa perhitungan yang baik.

Sehebat apapun sistem operasi yang tertanam dan setinggi apapun spek RAM atau Harddisk yang tersemat, akan menjadi tidak berarti manakala bagian layar laptop anda bermasalah (rusak). Dilayar inilah semua perintah yang anda ketikkan akan terlihat hasilnya.

Hal Penting Terkait Membersihkan Laptop:

  • Jangan bersihkan layar saat laptop menyala
  • Jangan gunakan benda berbahan kasar
  • Kehati-hatian dalam memakai cairan
  • Teknik yang benar dalam membersihkan laptop
  • Membersihkan laptop menggunakan benda yang mudah didapatkan
  • Membersihkan laptop memakai cleaner kit

Layar laptop sendiri memiliki dimensi ukuran yang cukup variatif. Ada yang berukuran kecil sampai ukuran yang besar. Ukuran layar ini umumnya memiliki karakteristik yang hampir sama. Namun persamaan yang sesungguhnya adalah: anda harus memperlakukannya dengan hati-hati. Jangan sampai niat anda ingin mendapatkan layar yang kinclong malah berujung dengan layar yang bergaris misalnya. Atau yang lebih parah terjadi konslet yang berakibat fatal.

Langkah-langkah membersihkan laptop ini sebaiknya anda baca dengan teliti dan jangan sembarangan melakukan eksperimen.

Setidaknya anda bisa mulai membersihkan layar laptop anda dimulai dengan benda-benda yang terdapat disekitaran anda. Benda-benda inilah yang akan kami jelaskan dengan detail dibawah ini:

Memakai Minyak Kayu Putih + Kain Lembut

Kok pake minyak kayu putih? Emang laptopnya masuk angin? Ssstt, ini beneran lho. Kami tidak sedang becanda. Ternyata minyak kayu putih bukan saja bermanfaat bagi tubuh manusia tapi juga bagi tubuh laptop (utamanya layar). Bahan lainnya yaitu kain (perca) yang teksturnya lembut. Carilah kain bekas namun yang tidak kotor dan tidak mengandung banyak debu. Ukuran kainnya tidak perlu lebar, cukup sekiranya15-20cm.

Ingat: Kainnya harus yang halus ya, jangan yang teksturnya kasar karena bisa berakibat tergoresnya layar laptop anda.

Lalu bagaimana langkah mengaplikasikannya? Simak langsung dibawah ini:

Laptop Harus Dalam Keadaan Mati

Ini penting. Jangan bersihkan layar saat laptop anda masih menyala. Apalagi alat (benda) yang anda gunakan mengandung air/minyak. Segeralah matikan terlebih dahulu laptop anda. Jika membutuhkan tutorial cara mematikan laptop, silahkan baca disini : Cara Mematikan Laptop/Komputer dengan cepat dan benar.

Selalu Ingat Untuk Tidak Menyentuh Layar Dengan Jari Anda

Ini bukan saja berlaku saat anda akan membersihkan layar laptop. Namun saat tidak sedang membersihkannya, sangat dianjurkan untuk tidak menyentuh layar memakai tangan. Tentu tujuannya supaya layar tetap terjaga dari hal-hal yang tidak di inginkan. Apalagi saat membersihkannya, sangat tidak efektif menyentuh layar secara langsung menggunakan jari/tangan.

Ambil Kain Berserat Halus + Minyak Kayu Putih (Merknya terserah anda)

Sebenarnya anda bisa menggunakan kain yang sudah tidak terpakai asalkan bersih dan seratnya halus. Ada juga kain yang bagus digunakan yaitu kain yang sering digunakan orang saat membersihkan kacamata. Kain ini berjenis serat microfiber, sangat rekomended digunakan sebagai pembersih laptop. Pilihan lain yaitu bisa memakai tisu. Gunakan tisu 2 atau 3 lapis. Tidak mengapa anda memakai kain lainnya asalkan dengan syarat kain tsb teksturnya tidak kasar.

Sejatinya memang kain yang halus lebih diutamakan dengan alasan keamanan bagi layar laptop itu sendiri. Resiko menggunakan kain yang serabutnya kasar memang cukup besar. Sudah pasti, siapapun tidak ingin melihat layar laptop kesayangannya ada baret sekecil apapun. Karena hal tersebut bisa mengurangi kenyamanan saat nanti laptop itu digunakan.

Rata-rata saat ini layar laptop memakai Liquid Crystal Display (LCD) dan juga LED (Light Emitting Diode). Secara umum, 2 komponen tersebutlah yang sering digunakan pada monitor laptop anda. Sebuah teknologi yang memunculkan visualisasi saat anda melakukan perintah di laptop anda. Teknologi LED sebut saja, memakai komponen dioda elektronik berwujud kecil. Itulah salah satu alasan kenapa penting memakai bahan berserat halus saat membersihkan laptop, karena materi penyusun layar laptopnya memang terkondisikan seperti demikian.

Menutup Keyboard

Sebelum masuk ke langkah cara membersihkan layar laptop, sebaiknya tutuplah terlebih dahulu keyboard anda menggunakan plastik atau bahan lainnya yang anti air. Tujuannya apa? Supaya nanti debu yang berada dilaptop dan juga percikan cairan tidak masuk ke area keyboard laptop anda. Ingat lho! Selain layar, keyboard anda adalah aset yang juga perlu dijaga.

Sapu Layar Memakai Lap atau Tisu Kering

Ini termasuk langkah paling awal setelah semua bahan dipersiapkan. Ambillah tisu atau kain halus kering lalu secara perlahan usapkan pelan ke layar laptop. Lakukan dari bagian atas (bisa dari kiri atau kanan). Kemudian perlahan turun sampai kebagian bawah. Lakukan hal ini sampai debu yang ada terlihat sudah hilang semua. Ulangi 2X jika perlu.

Langkah Berikutnya Membasahi Tisu Memakai Minyak Kayu Putih

Jika anda memakai kain, silahkan basahi kain tsb dengan minyak kayu putih yang biasa anda beli (mereknya terserah anda). Cara membasahinya yaitu dengan meneteskan beberapa tetes minyak kebagian ujung tisu/kain yang anda gunakan. Pastikan terlebih dahulu bahwa minyak yang ada di tisu tsb tidak menetes.

Minyak Kayu Putih Jangan Langsung Disemprotkan

Yaps. Anda jangan melakukan hal itu. Bahaya. Menuang atau meneteskan minyak kayu putih secara langsung ke layar laptop akan membahayakan perangkat anda. Selain itu sangat tidak efektif karena nantinya malah anda akan kesulitan untuk menghilangkan sisa-sisa minyak kayu putih yang masih menempel di layar.

Sekalipun kita sama-sama mengetahui bahwa pembuatan layar laptop itu menggunakan teknologi yang sangat tinggi, dan tentu saja layar laptop tidak serapuh yang kita bayangkan. Namun perlu digaris bawahi, alangkah lebih baik jika kita memperlakukan layar laptop kita dengan sepenuh cinta dan kehati-hatian yang sempurna.

Be careful ya, langkah antisipatif tetaplah diperlukan. Dan bila mungkin rawatlah ia seperti merawat anak sendiri (Emangnya Malika) hehe. Tapi ini serius loh ya, sebab bila cairan tersebut masuk ke lubang mikro kapiler yang terdapat disudut layar, efeknya akan ada bercak yang membekas. Memang akan menguap cairan tersebut seiring berjalannya waktu, tapi anda yakin mau membuat layar anda ada noktahnya?

Jangan sampai niat anda ingin membuat layar menjadi bersinar eh malah yang terjadi layar laptop anda ada noktahnya.

Membersihkannya Dengan Lembut

Jangan terburu-buru dalam menggerakkan tisu yang anda pakai. Perlahan saja dan jika ada noda yang nampak menempel dengan kuat, jangan ditekan dengan keras. Cukup usap beberapa kali ditempat noda tersebut sampai benar-benar bersih. Jika ada cairan yang nampak mengalir kebagian bawah, segeralah di lap dengan tisu lainnya. Lakukan sampai semua benar-benar merata.

Keringkan Laptop

Ketika proses membersihkannya sudah selesai. Layar laptop jangan langsung ditutup. Biarkan layar dalam posisi terbuka. Teliti kembali, jangan sampai ada sisa cairan yang masih menempel. Penting: Laptop jangan dijemur, biarkan layar mengering dalam suhu ruangan kamar anda. Tunggu hingga benar-benar kering, barulah laptop bisa anda gunakan atau anda tutup layarnya.

Baca juga: Cara Melihat Password Wifi di Laptop Windows 10

Note: Sangat tidak disarankan memakai Hairdryer atau alat pengering lainnya. Kenapa? Karena udara yang mengandung uap panas dari alat tersebut bisa berakibat buruk pada layar laptop anda. Sebaiknya biarkan layar kering dengan sendirinya. Bersabar sedikit tidak masalah, demi terciptanya keindahan layar monitor kesayangan anda.

Alternatif lain, Membersihkan Layar Komputer/Laptop Memakai Screen Cleaner Kit

Yaps, langkah alternatif ini yaitu anda memakai cairan spray yang banyak dijual dipasaran. Silahkan langsung saja search di google tentang produk tersebut, dengan kata kuncinya “cairan Spray Pembersih Layar laptop”. Harganya Lumayan murah yaitu sekitar Rp.30rb-an. Dalam paket tersebut nanti anda akan mendapatkan 1 botol cairan spray-nya dan juga anda sekaligus akan mendapatkan lap serta kuas khusus untuk membersihkan layar laptop anda. Dengan menggunakan produk ini, anda tidak perlu repot dalam mencari alat pembersih lagi. Kelemahannya: Tidak gratis.

Demikian beberapa step termudah dan paling aman serta relatif cepat dalam pengimplementasiannya. Cara membersihkan layar laptop ini bisa dilakukan untuk semua merek laptop yang biasa ditemukan dipasaran dan apapun sistem operasi yang dipakai.

Leave a Reply