Berhasil, Cara Melihat Password Wifi di Laptop Windows 10

Para pengguna laptop pasti sering mencari koneksi internet gratis pada WiFi di tempat umum. Salah satu topik menarik adalah belajar cara melihat password wifi di laptop windows 10. Kemungkinan juga Anda lupa dengan kata sandi Anda.

Tampilan sistem operasi Windows 10 sedikit berbeda dengan OS versi sebelumnya. Akibatnya, beberapa orang mengalami kesulitan untuk melihat kata sandi yang pernah terhubung dengan laptop mereka.

Cara Melihat Kata Sandi WiFi di Laptop Windows 10

Dari segi metode, sebenarnya cara untuk melihat password koneksi internet nirkabel pada operasi sistem Windows 10 tidak jauh beda jika dibandingkan dengan OS versi sebelumnya. Kendalanya hanya ada pada tampilan dan pilihan metodenya. Berikut cara-cara yang dapat Anda gunakan:

Memanfaatkan Software Pihak Ketiga

Salah satu cara paling mudah adalah menggunakan perangkat lunak pihak ketiga. Password atau kata sandi yang pernah Anda gunakan untuk terhubung dengan WiFi sebenarnya tersimpan di komputer. Anda hanya perlu menemukannya kembali.


Lakukan langkah di bawah untuk melihat password tersebut dengan memanfaatkan software pihak ketiga:
  1. Pertama, temukan sebuah perangkat lunak terpercaya seperti WiFi Password Revealer. Anda dapat mengunduh software tersebut di situs resminya.
  2. Install software (aplikasi) tersebut di komputer atau laptop Anda.
  3. Jalankan aplikasi tadi untuk melihat atau menampilkan password WiFi di laptop yang Anda gunakan.
  4. Selesai.

Menggunakan Fitur CMD

Nama lain dari fitur ini adalah Command Prompt. Manfaatnya, Anda dapat memasukkan bermacam jenis perintah bertipe CLI (Command Line Interface) pada perangkat laptop yang digunakan.

Selain itu, CMD juga dapat dimanfaatkan untuk melihat kata sandi WiFi! Ini dapat dilakukan ketika laptop tersebut sedang tidak terhubung dengan koneksi internet nirkabel.

Fitur ini berfungsi menampilkan informasi SSID dari kata sandi yang masih tersimpan di laptop Anda. Berikut langkah yang harus Anda ikuti:

1. Pertama, pastikan laptop (yang menggunakan sistem operasi Windows 10) dalam kondisi aktif atau menyala.

2. Kemudian, buka aplikasi atau fitur Command Prompt yang tersedia di laptop Anda. Caranya: Pencet Windows + R.
ram-laptop-7041967

3. Ketikkan CMD, nanti, jendela perintah akan terbuka dan lakukan input berikut netsh wlan show profiles

4. Jika berhasil, Command Prompt akan menampilkan semua informasi SSID yang pernah terkoneksi dengan laptop tersebut. Silahkan catat/temukan mana nama hotspot yang mau dicari passwordnya. Dalam kasus ini saya mencoba mencari password dari hotspot bernama Redmi. Lihat gambar dibawah.

5. Jika ingin mencari SSID koneksi WiFi sesuai yang Anda cari, Anda harus input perintah ini “NETSH WLAN SHOW PROFILE WIFI KEY=CLEAR. Ganti kata WIFI dengan nama hotspot anda, dalam contoh ini, perintah CMDnya menjadi NETSH WLAN SHOW PROFILE Redmi KEY=CLEAR

6. Selesai. Password wifi yang anda pake ada di bagian Key Content yang kami sensor tsb.

Menggunakan Open Network dan Sharing Center

Jika dibandingkan dengan kedua metode di atas, cara ini dianggap yang paling mudah. Dengan fitur ini, Anda dapat mengakses dan melihat kata sandi WiFi laptop secara langsung. Terlebih, fitur ini hadir pada sistem operasi Windows versi lama dan baru.

Kabar baiknya, fitur ini tidak mengalami banyak perubahan secara tampilan maupun fungsi. Untuk lebih jelas, bacalah tutorial di bawah:

  1. Pertama, Anda perlu mengaktifkan atau menghidupkan laptop. Pastikan juga sistem operasi yang berjalan adalah Windows 10. Satu lagi, laptop harus pernah terhubung ke WiFi sebelumnya.
  2. Apabila laptop sudah aktif, temukan ikon WiFi dan “right click” pada gambar tersebut. Letaknya adalah pada bagian pojok kanan di bar Windows 10.
  3. Kemudian, pilih bagian atau menu “Open Network and Sharing Center”.
  4. Jika berhasil, akan muncul jendela info seputar jaringan WiFi yang sedang terkoneksi dengan laptop saat ini.
  5. Pada jendela baru yang terbuka tersebut, klik atau pilih menu Wireless Properties.
  6. Setelah terbuka, pilihan selanjutnya adalah menu tab Security atau keamanan.
  7. Pada menu keamanan, Anda perlu centang atau pilih menu Show Characters. Ini merupakan langkah terakhir untuk menampilkan kata sandi WiFi yang sebelumnya pernah tersimpan dan tersembunyi.
  8. Selesai.

Melihat Password Yang di Cetak di Wireless Router Anda

Salah satu cara termudah untuk melihat kata sandi WiFi di Laptop Anda adalah melihat informasi yang tercetak di wireless router. Namun, ini hanya berlaku pada perangkat  router yang dipasarkan dengan kata sandi default. Berikut langkahnya:

  1. Hal terpenting adalah pastikan router Anda sesuai dengan kriteria yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  2. Pastikan Anda belum mengubah pengaturan kata sandi default bawaan perangkat tadi.
  3. Lihat dan temukan informasi terkait password pada perangkat, yang biasanya dicetak pada bagian belakang chasing. Namun, beberapa perangkat menyertakan informasi tersebut pada bagian dalam panduan penggunaan atau manual.
  4. Sebagai informasi, jenis informasi dapat tertukar dengan WEP key, WPA key, maupun Security Key. Supaya tidak salah, pastikan info tadi tampak seperti gambar di bawah:

Baca juga: Langkah Mematikan Laptop/Komputer Via Keyboard Windows 10, 8, 7

Memanfaatkan Fitur Administration Interface Pada Router

Jika Anda tidak cocok dengan cara-cara di atas, ada metode alternatif yang bisa digunakan. Salah satunya adalah dengan masuk pada laman administration interface di router yang tersedia.

Cara ini berfungsi pada beragam perangkat seperti PC, laptop, dan bahkan Android. Lalu bagaimana langkahnya?

  1. Pertama, input alamat IP dari router yang digunakan. Perlu diingat, informasi yang dimasukan tergantung pada jenis dan merek perangkat tadi. Ada dua alamat yang umum digunakan yaitu 192.168.1.1 dan 192.168.0.1.
  2. Jika kedua referensi alamat IP di atas tidak berfungsi, Anda harus mencari informasi alamat default router yang tertera pada manual perangkat. Sumber informasi lain adalah pada stiker yang menempel di belakang ruter dan info pada situs resminya.
  3. Setelah memasukkan alamat IP, Anda akan diminta untuk melakukan input kata sandi dan username. Beberapa perangkat router memintanya, sedangkan yang lainnya tidak.
  4. Data default dari username dan kata sandi router adalah admin dan admin. Alternatif lain adalah admin dan 1234.
  5. Setelah terkoneksi dengan halaman situs konfigurasi router, cari opsi atau bagian yang bernama wireless security atau settings. Pada bagian tersebut, Anda akan menemukan kata sandi yang dicari-cari selama ini!

Berikut contoh laman yang disebutkan tadi (khusus pada router TP-Link):

Lupa Password Itu Lumrah?

Beberapa cara di atas memang menjadi solusi jika Anda lupa dengan kata sandi akses WiFi di laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Sebenarnya password merupakan hal penting dan tidak boleh sampai lupa, bukan?

Mungkin tambahan informasi ini berguna bagi Anda, yaitu seputar kenapa orang bisa sampai lupa dengan kata kunci mereka. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Terlalu Banyak ID dan Kata Sandi
Memiliki banyak akun sosial media dan ID lain menyebabkan seseorang mengalami kebingungan ketika hendak melakukan input password. Ini bakal sering terjadi bila Anda memiliki variasi kata sandi dan semua berbeda.
2. Mengabaikan Fitur Pengingat
Windows dan Google sering menawarkan fitur pengingat bagi semua sandi yang pernah Anda input di internet, termasuk saat mengakses koneksi internet nirkabel. Jika Anda tidak memanfaatkannya, resiko lupa akan semakin tinggi.

Bagi pengguna laptop bersistem operasi Windows 10, mengakses WiFi gratis di tempat umum tentu merupakan pengalaman yang menyenangkan. Jika Anda lupa dengan kata sandi yang pernah digunakan, manfaatkanlah informasi di atas!

Jika anda sudah komputer anda ataupun teman anda sudah terhubung dengan jaringan ang anda ingin gunakan. Tentu anda dapat berselancar dan menggunakan internet sesuai keinginan anda. Andapun dapat melakukan cara update driver Windows 10 dengan lebih mudah apabila anda sudah memiliki koneksi internet.

Itu tadi pembahasan mengenai cara melihat password WiFi di laptop Windows 10. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

Windows 10 memang menjadi salah satu versi Windows yang telah banyak digunakan saat ini, selain karena desain User Interfacenya yang sederhana dan juga fungsionalitas. Penggunaannya sendiri secara keseluruhan tidaklah terlalu sulit apabila anda sudah mengenalinya untuk beberapa saat. Selain itu untuk penggunaan Windows 10 sebagai Sistem Operasi laptop juga tidaklah membutuhkan banyak ruang dan dapat digunakan pada laptop yang memiliki spesifikasi yang tidak begitu tinggi.

Leave a Reply