Cara Cek RAM Laptop Win 7, 8, 10 Dengan 1 Langkah Saja

cara-mengecek-ram-laptop-termudah-3030249

cara-mengecek-ram-laptop-termudah-3030249
Ada banyak alasan kenapa kita ingin mengetahui spesifikasi RAM dari PC ataupun Laptop yang kita gunakan. Sebelum kita lanjut, perlu di ingat, artikel ini dibuat khusus untuk anda yang memakai sistem operasi windows ya (win 7, 8 atau 10). Untuk Mac OS atau lainnya mungkin agak sedikit berbeda. Cara mengecek ram laptop sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Untuk melihat RAM yang terdapat pada laptop anda, hanya diperlukan beberapa step saja.

Apapun merek laptop yang anda pakai, entah itu Acer, Asus, Lenovo, HP, Dell, Toshiba, Samsung dan lainnya, untuk mengetahui RAM yang dimiliki, caranya sama saja.

Sejatinya, ketika kita di awal-awal saat membeli laptop tersebut, sudah dengan lengkap disuguhkan perihal spesifikasi lengkap dari laptop yang akan dibeli. Namun tentu saja hal itu tidak menjadikan kita untuk mengingat speknya secara terus menerus. Ada alasan-alasan tertentu yang terkadang membuat kita harus mengetahui RAM Laptop yang digunakan. Mungkin iseng atau alasan yang lebih masuk akal semisal mau instal aplikasi tertentu yang membutuhkan spesifikasi RAM yang mumpuni. Atau tujuan anda ingin upgrade windows versi terbaru. Adapun kalau anda memerlukannya bisa cek disini Cara instal windows 10.

Secara ringkas, kami bisa sebutkan, cara mengetahui RAM dengan cepat yaitu:

  • Via shortcut Win + R, di ikuti perintah dxdiag
  • Via shortcut Windows + Pause Break (Recommended)
  • Via Aplikasi
  • Via CPanel

Oke baiklah, berlanjut pada inti artikel, begini cara cek ram laptop dengan beragam cara:

Mengetahui RAM Laptop Via Dxdiag Tools

Langkah-langkah yang diperlukan sangatlah mudah. Perintah dxdiag sendiri adalah salah satu cara yang paling cepat dan tergolong easy dalam mengecek jumlah RAM yang dimiliki sebuah perangkat komputer ataupun laptop. Dengan bebrapa langkah saja anda sudah bisa melihat RAM secara fast. Kami sudah merangkum cara memasukkan perintah dxdiag dibawah ini:

  1. Masuk ke CMD dengan cara menekan keyboard laptop anda tombol Win + R.
    ram-laptop-9920591
  2. Nanti dengan sendirinya akan terbuka jendela sembulan seperti screenshot dibawah ini. Kemudian anda masukin perintah dxdiag, lanjut dengan memencet OK.cara-cek-ram-laptop-6679532
  3. Selesai. Hanya dengan 2 langkah saja anda telah bisa mengecek RAM laptop secara cepat. Dibawah ini kami juga menyertakan screenshot jendela baru yang dinamakan DirectX Diagnostic Tool, dimana disinilah anda akan mengetahui Memory ataupun RAM yang tertanam dalam perangkat PC or laptop anda.
    cara-mengecek-ram-laptop-5766287

Melihat RAM Via Control Panel

Pada bagian awal kami mengarahkan anda untuk mengecek RAM via command prompt. Karena hal itu adalah salah satu yang paling easy step by stepnya. Dibagian yang kedua ini sejatinya juga cukup sederhana langkah yang akan dilakukan. Bahkan hanya dengan beberapa jentikan jari saja seharusnya kita dengan sigap sudah mampu mengetahui RAM perangkat pribadi kita.

  1. Masuk ke Control panel -> System and Security -> System.


Cek RAM Via Shortcut Mudah

Shortcut atau jalan pintas yang paling cepat menuju spek RAM yang terkandung dalam sebuah perangkat yaitu memakai shortcut Windows + Pause Break.

cara-melihat-ram-laptop-4714913

Ini cara yang paling gampang dan anda tidak perlu berlama-lama dengan banyaknya perintah yang harus dimasukkan kedalam sistem.

cara-melihat-ram-laptop-windows-7-2004464

Kami sendiri selaku admin DemiNasi juga sangat merekomendasikan memakai langkah yang kedua ini. Alasannya sederhana, karena pada cara yang kedua ini anda tidak perlu dipusingkan dengan beragam perintah yang harus diketik di keyboard anda. Cukup tekan Windows + Pause Break secara bersamaan, maka semua informasi yang anda butuhkan sudah tersedia lengkap.

Mengecek RAM sebuah PC atau Laptop dengan Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang menawarkan kemudahan saat anda ingin cek RAM. Diantara aplikasi tersebut yaitu aplikasi yang bernama CPU-Z, Dxdiag dan yang terakhir yaitu app Speccy. Penggunaan aplikasi-aplikasi yang kami sebutkan itu sangatlah mudah. Anda hanya perlu mendownloadnya lalu buka aplikasinya. Disana kemudian akan tertera secara detail jumlah RAM yang anda miliki.

cara-mengetahui-ram-laptop-1548947

Dari beberapa langkah yang telah kami sebutkan diatas, kami lebih merekomendasikan kepada anda untuk memakai langkah pada nomor 2. Namun juga perlu di ingat, kami sama sekali tidak melarang anda untuk memakai cara lainnya. Termasuk ketika anda memutuskan untuk menginstal sebuah aplikasi cek RAM di laptop anda.

Mungkin anda sudah memahami betul bahwa semakin tinggi atau besar jumlah RAM yang terkandung dalam perangkat, entah itu di gadget atau laptop, performa sebuah perangkat akan semakin cepat. Coba saja anda bandingkan, katakanlah ketika anda memakai laptop dengan RAM 2 GB, tentu akan kalah cepat performanya jika dibandingkan anda memakai laptop kapasitas RAM 8 GB (Dengan catatan, aplikasi yang digunakan setara).

Fungsi RAM

RAM itu memiliki fungsi yang fundamental dalam sebuah perangkat. Karena kinerja sebuah perangkat sangat bergantung besar pada keberadaan RAM itu sendiri. Perkara lemot, entah itu yang terjadi pada smartphone anda atau pada laptop anda, seringkali berkaitan langsung dengan penggunaan RAM.

Belakangan ini, memang sudah banyak sekali perangkat yang menawarkan RAM dengan kapasitas yang “wah”. Bahkan bukan saja diperangkat PC, sekarang ini banyak ponsel pintar yang memiliki RAM diatas 8 GB.

Demikianlah ulasan kami tentang cara cek RAM laptop dengan gaya paling gampang, mudah dicerna dan berharap dengan sepenuh hati semoga artikel ini membawa manfaat berarti.

Leave a Reply