2022 √ Cara Melihat Tipe Laptop (Semua Merek, Win 7 8 10)

cara-melihat-tipe-laptop-9584070

cara-melihat-tipe-laptop-9584070
Simpel saja untuk lebih tahu cara melihat tipe laptop yang anda pakai dengan cepat. Apapun mereknya, semua bisa dilihat dengan metode yang telah kami rangkum dibawah ini. Apapun ya! Entah itu Asus, HP, Acer, Toshiba, Dell dan merek yang lainnya termasuk Axioo, Gigabytes dkk. Merangkum juga dalam hal tentang sistem operasi yang anda pakai, entah itu windows 7, windows 8 atau 10, semua bisa memakai cara ini.

Kalau untuk merek laptop mungkin tidak susah untuk ditemukan, karena biasanya nama laptop tersebut ada di bawah layar ataupun dibagian belakang bodi. Ada tujuan-tujuan tertentu sehingga kita terkadang membutuhkan data yang lengkap tentang laptop yang kita miliki. Diantaranya, terkadang ketika kita ingin memasang aplikasi baru, kita membutuhkan data detail dari spesifikasi laptop kita. Ada pun perihal yang berbeda, yaitu saat kita ingin menjual laptop, kita membutuhkan data tentang tipe laptop itu sendiri.

Ada 4 Poin Utama Cara Cek Tipe Laptop Yang Anda Gunakan:

  • Cek tipe laptop via CMD
  • Cek tipe laptop cara konvensional
  • Cek tipe laptop via sistem informasi
  • Cek tipe laptop via BIOS

Yang akan anda ketahui ketika anda memakai cara ini, bukan saja tipe laptopnya, tapi juga beberapa hal yang mendetail seperti sistem operasi yang digunakan, sistem manufakturnya (merek pabrikan), model laptop, BIOS, prosesor yang dipakai, Memori RAM yang tertanam dan hal lainnya.

Dalam beberapa saat yang lalu, kami pun telah merampungkan tutorial tentang Cara Cek RAM Laptop Win 7, 8, 10 Dengan 1 Langkah Saja. Dimana dalam tutorial itu langkahnya terdapat kemiripan dengan artikel yang sedang anda baca ini. Dan bahkan dalam beberapa part step by stepnya juga ada yang agak-agak sama. Karena memang posisi informasi yang berisikan spesifikasi RAM dan juga tipe laptop terletak pada satu area yang sama. Jadi wajarlah jika kemudian ada banyak kemiripannya.

Oke tuan! Langsung saja cekidot dibawah ini tentang langkah yang harus dilakukan saat ingin tahu cara melihat tipe laptop. InsyaAllah cara dibawah ini akurat dan bisa anda terapkan pada berbagai merek laptop dan juga Operating system windows 10, 8 atau windows 7.

Cara Melihat Tipe Laptop via Command/CMD

Ada sebuah aplikasi namanya DXDIAG, aplikasi ini tidak perlu anda download karena secara default sudah tertanam di OS windows yang anda gunakan. Aplikasi yang berfungsi sebagai checking system ini memudahkan kita untuk mencari tahu lebih lanjut tentang tipe laptop, termasuk juga prosesor, VGA, dan info RAM.

Secara defaultnya aplikasi ini memang jarang sekali ada di menu START ataupun ditampilan layar utama Desktop. Mungkin alasannya, karena memang aplikasi ini jarang sekali digunakan. Melalui perintah sederhana berupa dxdiag, kita bakalan tahu lebih dalam tipe perangkat yang kita gunain.

Simak penjelasan kami bagaimana cara membuka/menemukan aplikasi dxdiag seperti dibawah ini:

  1. Silahkan langsung saja pergi ke layar desktop utama.
    desktop-7562191
  2. Kemudian pencet Windows + Tombol R di keyboard yang anda pakai.
    cara-melihat-tipe-laptop-hp-3643661
  3. Ketik perintah ini dxdiag (huruf kapital besar atau kecil tidak berpengaruh)
    cara-melihat-tipe-laptop-acer-4423394
  4. Oke, pada tahapan ini kita sudah bisa melihat dilayar bagaimana tipe laptop kita dan juga model/jenis laptopnya. Silahkan pelototin screenshot dibawah ini, dan arahkan pandangan anda pada bagian yang saya kasih tanda kotak merah. Disitulah anda bisa melihat semua data yang anda perlukan.
    1_cara-melihat-tipe-laptop-7275297

Cara ini kami rekomendasikan untuk anda.

Cara Konvensional Melihat Tipe Laptop

Yaps, tidak perlu capek-capek dan hal ini juga bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun. Cara ini mudah sekali, namun ada syarat utama yang harus dipenuhi. Cara konvensional ini yaitu dengan melihat BOX bawaan laptop ketika pertama kali anda membelinya. Ya! Syarat utamanya, kotak BOX laptop anda belum rusak atau belum hilang tertelan zaman. Dalam BOX laptop tersebut biasanya sudah disediakan lengkap berupa buku panduan singkat dan juga spesifikasi laptop yang anda beli.

cara-melihat-tipe-laptop-toshiba-4694964

Silahkan anda ubek-ubek kembali BOX laptopnya jika ingin mencari spek/tipe laptop yang dimiliki.

Cara ini memang sangat gampang, namun tidak terlalu kami rekomendasikan. Karena biasanya BOX seperti ini sudah tersimpan rapi dalam gudang, jadi sulit untuk mencarinya, tidak efisien. Dan terlebih bagi anda yang BOX-nya sudah hilang entah kemana.

Cara Melihat Tipe Laptop Via Sistem Informasi

Cara yang ketiga ini rada-rada mirip dengan langkah yang kami jelaskan diawal tadi. Yang paling membedakan dengan aplikasi DXDIAG adalah pada tampilan data yang disuguhkan. Pada DXDIAG sendiri, informasi yang ditampilkan cukup lengkap, namun lewat system information ini anda akan menemukan data yang sangat lengkap melebihi apa yang terlihat di DXDIAG.

Baca juga : Tutorial Cara Install Windows 10 dengan flashdisk dan DVD (100% Work)

Bukan cuma tipe laptop saja yang tertera disana, ada banyak. Termasuk memori virtual yang tersedia, memori virtual yang terpakai, direktori windows, direktori sistem, sistem pabrikan, boot device dan lain-lain.

Cara melakukannya cukup mudah yaitu:

  1. Click Start kemudian click System Information dan pencet Enter. Atau
  2. Cara alternatif lainnya yaitu via Windows Run, ketik Windows + R lalu ketikkan perintah msinfo32 dan lalu click OK.
    cara-melihat-tipe-laptop-2020-1472098
  3. Hasilnya lihat dibawah ini.
    cara-melihat-tipe-laptop-dell-5600618

Cara ini termasuk salah satu cara yang kami rekomendasikan.

Cara Melihat Tipe Laptop via BIOS

BIOS sendiri sudah ditanamkan kedalam laptop semenjak diproduksi dari pabrikannya. Dan pada setiap merk laptop yang beredar secara umum dipasaran, BIOS telah tertancap sempurna.

Kami selaku admin DemiNasi tidak akan membahas secara mendetail tentang cara melihat tipe laptop melalui BIOS. Alasannya simpel karena terlalu ribet, tidak efisien, terlalu riskan bagi yang awam dan tentu saja tutorial kami ini bertujuan untuk menampilkan cara yang paling simpel dan juga AMAN sekalipun diterapkan oleh orang awam.

Bagi yang nekat tetap ingin melihat tipe laptop dari BIOS, caranya mudah banget, cukup nyalakan laptop, lantas secara cepat tekan F2, del, Esc atau tombol yang lainnya.

Baca juga: Update Cara Membuat Bootable Flashdisk windows 7 8 10

Demikian beberapa cara untuk melihat tipe laptop pribadi anda. Kami tetap menyarankan agar anda memilih cara yang kami rekomendasikan, karena selain terbilang lebih aman bagi pemula, juga dari segi efisiensi jauh lebih unggul dan yang terpenting lebih mudah di ikuti. Semoga anda yang telah mampir di blog kami ini bisa terbantu. Kami sangat bahagia ketika mengetahui artikel ini menjadi problem solving bagi pengunjung blog ini. Adapun update berikutnya akan membahas tema-tema yang serupa dan berharap pengunjung tetap setia berada disini.

Leave a Reply